BERBAGI

ciungtips.com – Di luar sana ada ribuan bahkan jutaan blog dengan berbagai konten yang berbeda dihasilkan setiap harinya, belum lagi platform lain seperti social media, youtube dan forum juga tak kalah agresif membuat konten-konten agar pengunjung betah. Lalu bagaimana agar blog kita tetap bertahan dan bisa memiliki pengunjung ?, jawabanya semua kembali kepada kualitas konten dan orisinalitas. Dengan konten yang baik dan informatif, pengunjung akan dengan senang hati membaca sampai habis posting dan menjelajahi posting lainya. Bahkan rela share ke social media yang mereka miliki dan pada akhirnya akan membuat blog kita semakin dikenal.

Bicara tentang blogging tidak lepas dari pembuatan konten, dan sebagai blogger kita dituntut untuk bisa menyajikan konten yang terbaik untuk pengunjung.

Yang kita butuhkan adalah konten yang benar-benar menarik perhatian pengunjung dan salah satu yang kita dapat lakukan dengan konten kita adalah melengkapinya dengan Infografis. Visualisasi grafis ini adalah cara inovatif untuk menampilkan konten yang dapat menarik perhatian pengunjung, mudah dipahami, dan mudah di ingat oleh mereka. Alih-alih hanya sebatas kata-kata, dengan kita menyajikan posting menggunakan infografis yang dikombinasikan dengan desain inovatif benar-benar akan memberikan pengunjung pengalaman visual yang mengagumkan. Untuk membuat infografis kita butuh dukungan PC ataupun laptop dengan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor karena kebanyakan aplikasi desain membutuhkan kinerja prosesor yang gegas, selain itu intel juga dikenal hemat konsumsi daya.

Rasanya setiap orang mampu membuat sebuah konten yang menarik disertai dengan infographis yang informatif, namun tak semua pc atau notebook dapat melakukanya.

Dulu banyak blogger yang percaya bahwa jangan terlalu banyak menggunakan gambar di blog karena akan membuat loading blog berat dan pengunjung akan kabur karena kuota killer. Tapi kini seiring dengan kecepatan internet yang semakin baik serta relatif terjangkau membuat postingan yang eye cathing adalah keharusan. Tetapi tetap infografis yang kita sajikan harus disesuaikan dengan tema dan tidak berlebihan, usahakan tetap nyaman dimata pengunjung dan tidak membuat lelah. Jangan memecah fokus pembaca terlalu berlebihan, karena bukanya terlihat bagus justru akan membuat pembaca malas membuka posting lebih dalam.

m32cd

Saya sendiri tidak ada latar belakang belajar desain, hanya mengandalkan google dan youtube sebagai media belajar. Dari tutorial online cukup membantu lho, walaupun belum mencapai level ekspert tetapi kini saya sudah cukup pede menyertakan infografis buatan saya sendiri di blog ataupun membuat video pendek untuk di upload ke youtube. Yang penting adalah banyak mencoba dan berlatih pasti akan lebih familiar dengan berbagai aplikasi desain. Untuk menghasilkan sebuah desain infografis dan video beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan adalah “Adobe Photosop, Adobe Premiere pro dan After Effect“. Aplikasi ini tergolong berat dan membutuhkan spesifikasi laptop ataupun pc yang mumpuni untuk bisa berjalan dengan lancar dan nyaman digunakan.

Bagaimana membuat Konten Kreatif dalam Ngeblog?

m32ced

Blog tidak lepas dari citarasa sang empu-nya, dan justru itulah yang menjadi pembeda dan nilai jual blog kita daripada blog-blog lainnya. Walaupun kita memiliki bahan tulisan yang sama, aplikasi yang sama dalam membuat infografis tentu saja hasil akhirnya akan sangat berbeda. Nah dari itulah, untuk menjadi kreatif kita hanya harus fokus kepada kemampuan kita, mengolah apa yang kita punya dan terbuka pada ide-ide baru.

Pertama kali ngeblog saya sungguh tak mengerti bagaimana caranya posting, apa yang harus dituliskan dan bagaimana cara agar posting tersebut ada yang membaca. Ternyata yang perlu dilakukan hanyalah terus menulis sehingga menemukan gaya kita sendiri.

flyer

Lalu PC seperti apasih yang cocok digunakan untuk ngeblog plus belajar desain ?. Jawabanya adalah Asus Desktop M32CD, sebuah PC desktop dari asus yang akan memberikan performa terbaik setiap waktu. Bagi saya PC dekstop lebih nyaman digunakan karena lebih banyak dipakai dirumah, dan untuk mobile sendiri bisa mengandalkan tablet atau smartphone. Keuntungan lain dari PC Branded adalah selain sangat mudah diupgrade dengan mengganti beberapa part, lalu ketika ada kerusakan bisa dengan mudah klaim garansi ke ASUS tidak perlu repot klaim ke distro-distro komponen.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih pc untuk desain adalah: kecepatan prosesor, memori, resolusi layar dan kecepatan hard disk.

asus m32cdf

Asus Desktop M32CD menggunakan Intel prosesor Skylake RAM DDR4.

Software desain grafis adalah CPU-intensif yang membutuhkan clockspeed serta core prosesor yang tinggi. Dan ASUS M32CD ini sudah dibekali dengan prosesor i7 seri Skylake yang akan memberikan kinerja multitasking lebih cepat dan lebih efisien dari generasi sebelumnya. Ditambah pula Memori DDR4 memberikan kecepatan dua kali lebih cepat dari DDR3 sehingga nyaman digunakan untuk desain.

usb 301

Kecepatan Transfer data SuperSpeed USB 3.1
Dalam desain kita membutuhkan proses transfer data yang cepat, VivoPC M32CD memiliki fitur SuperSpeed USB 3.1 untuk mentransfer data hingga 20 kali lebih cepat dari USB 2.0, dan 2 kali lebih cepat dari USB 3.0. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan semua pilihan konektivitas yang dibutuhkan. HDMI output port memungkinkan kita menghubungkan VivoPC M32CD dengan HDTV untuk menikmati multimedia. SATA 6Gbit / s port menawarkan kecepatan transfer data yang cepat, membiarkan Anda menyimpan file besar atau tidak lemot dalam proses desain.

Windows 10 Home
ASUS Vivo M32CD tersedia dalam pilihan Windows 10 yang merupakan OS terkini saat ini, semakin memberikan kemudahan dan performa terbaik selama digunakan.

uhd 4k

Mendukung Resolusi 4K UHD

VivoPC M32CD dilengkapi dengan grafis diskrit untuk menghasilkan tampilan yang luar biasa. VivoPC M32CD juga didukung tampilan 4K / UHD (3840 x2160) yang bila dalam proses desain tentunya sangat berguna karena akan mampu memberikan detail yang sempurna saat proses editing.

Konektivitas ultra-cepat
Mencari bahan desain, browsing, mengedit blog ataupun upl,oad video menjadi lebih nyaman dengan kecepatan transfer nirkabel hingga 433Mbit/s dengan router yang kompatibel, Wi-Fi 802.11ac 8 kali lebih cepat dari 802.11g dan sekitar 3 kali lebih cepat dari 802.11n, membuat seri VivoPC M32CD mampu streaming video 4K/UHD tanpa kabel jaringan.

fl4

Blog selain sebagai wadah berekspresi juga bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan, sampai saat ini potensi tersebut masih sangat menjanjikan. Pundi-pundi blogger bisa terisi dari program iklan seperti adsense, kerjasama dengan brand ataupun mengikuti lomba. Sebagai admin blog jika melihat statistik pengunjung menanjak serta mendapat earning rasanya semangat ngeblog bisa bertambah berkali-kali lipat.

Blogger yang fokus di bidangnya dengan jutaan pengunjung unik tiap bulannya bisa memiliki penghasilan yang lumayan atau bahkan berharga mahal dan selalu diincar untuk diakuisisi oleh para investor online.

Beberapa kisah blogger yang sangat menginspirasi adalah blog fotografi milik Darren Rowse yang sempat ditawar seharga US $ 2 juta, Linda Ikeji yang berpenghasilan ratusan juta perbulan ataupun blogger tanah air seperti Iwan banaran atau Om Kicau yang memiliki ratusan ribu pengunjung loyal tiap harinya. Apa yang membuat mereka sukses ? tentu saja konten blog yang mereka tawarkan berhasil memikat visitor untuk terus berkunjung.

blog saat ini bisa menjadi salah satu aset penting bila dikelola secara profesional dan harganya tidak kalah dibanding aset offline.

Blogger seperti kitapun memiliki kemungkinan yang sama untuk bisa sukses seperti mereka,yang harus kita lakukan adalah berupaya lebih besar karena kerja keras tak pernah menghianati hasil. Saya memulai ngeblog dari sekedar hobi hingga sekarang benar-benar menggantungkan hidup dari aktifitas online dan beruntung masih bisa bertahan hingga saat ini.

fl3

Bergabung dengan Grup Blogger

Cara yang ampuh untuk semakin mengenal dunia blogging adalah bergabung dengan grup blogger. Dengan berada di dalam komunitas blogger kita bisa mendapat info bermanfaat, wawasan baru, tips dan saran, dan yang terpenting adalah teman-teman baru yang memiliki passion yang sama dalam dunia blogging.

Sering Blogwalking

Sering mengunjungi blog lain, melihat tata letak, gaya penulisan serta infografisnya membuat kita terpacu untuk lebih baik lho. Ketika mengunjungi blog dengan reputasi mentereng kita termotivasi untuk bisa seperti mereka, “mereka juga bisa kenapa juga kita tidak bisa” so lets do it.

Sering Baca Tutorial

Beruntung sekali kita hidup di era informasi sekarang ini, dimana segala macam cara bisa kita temukan di internet. Termasuk juga tutorial-tutorial ngeblog banyak sekali kita temukan, jika dengan membaca kurang mengerti kita bisa menjelajah youtube untuk dapat melihat secara visual.

With Google, we can learn “almost” EVERYTHING today!

Ikut Lomba

Poin ini adalah cara kita menantang diri sendiri dengan cara kompetisi. Terlepas dari menang atau kalah dengan ikut kompetisi kita jadi tau kelebihan dan kekurangan kita. Jika kalah kita bisa belajar banyak dari pemenang, bagaimana cara dia menulis, mengatur layout, menambah infografis. Dan jika menang tentu saja akan lebih melecutkan semangat untuk terus menulis.

Kesimpulan.

Menjadi blogger itu menyenangkan, banyak hal yang dapat kita pelajari di setiap harinya beradaptasi dengan tren untuk terus bertahan dan menjadi lebih baik. Dicintai pengunjung dan mendapat apresiasi merupakan kebahagian yang tak ternilai bagi seorang blogger, dan tentu dengan konten yang bermutulah kita akan mendapat semua itu. Dengan dukungan Pc Desktop dari Asus membuat semua proses menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

logo_asus_isoi_intel-300x99

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

sumber: Asus.co.id, bloggerperempuan, google

comments