BERBAGI

ciungtips.com – Saat ini banyak orang berpendapat bermain game di PC jauh lebih nyaman jika dibandingkan bermain game di notebook alias laptop. Namun seiring waktu pendapat itu tak sepenuhnya benar, apalagi setelah Asus merilis ROG G752Vs yang memberikan spesifikasi gahar tak kalah canggih dengan PC dekstop gaming saat ini.

Sebagai seri Flagship dari Asus ROG, spesifikasi G752VS benar-benar mengejutkan dengan membawa prosesor Intel® Core™ i7-6820HK skylake generasi ke 6 sebagai otak pemrosesan, juga menggunakan VGA terbaru berbasis arsitektur Pascal 16 nm Nvidia Geforce GTX 1070 sebagai kartu grafisnya. Perlu diketahui Graphics Processing Unit (GPU) yang diselipkan pada G752VS merupakan teknologi VGA untuk kelas desktop VGA generasi terbaru yaitu Nvidia 1000 series dimana fitur-fiturnya tidak jauh berbeda dengan versi VGA Dekstop, jadi secara kemampuan Laptop Gaming Asus ROG G752vs adalah setara dengan PC Dekstop sesungguhnya.

Hal yang paling dituntut dari sebuah laptop gaming tentu saja adalah kinerjanya dalam melahap semua game haruslah menakjubkan, dan Asus ROG G752 menjawab hal itu dengan tampil memukau memakai prosesor terkini Intel Skylake i7-6820HK yang disandingkan dengan Geforce GTX 1070 menjadikanya laptop gaming paling “dewa” saat ini.

passmark-intel-core-i7-6820hk-2-70ghz-price-performance-comparison
Benchmark Intel Prosesor i7-6820HK

q
Asus ROG G752 menggunakan prosesor Core i7-6820HK, merupakan CPU quad-core dari Intel generasi Skylake yang dapat memproses 8 thread secara bersamaan berkat teknologi Hyper-Threading.

Dengan arsitektur 14 nm dan dalam mode normal dia berjalan pada clock 2,7 GHz lalu dapat ditingkatkan dengan adanya fitur Turbo Boost membuatnya bisa berjalan hingga 3,6 GHz. Dan jika itu masih dirasa belum cukup, Asus memungkinkan opsional ekstra overclocking dengan cara mengubah setingannya di aplikasi ROG Gaming Center hingga clockspeed 4.0 GHz.

asus-rog-game-center-100678507-orig

g
Pada Asus ROG G752 kita akan melihat fitur yang benar-benar baru dan belum pernah diaplikasikan sebelumnya dalam sebuah laptop gaming. GeForce GTX 1070 (tanpa embel-embel “M” yang biasanya digunakan untuk seri notebook) yang merupakan GPU dengan arsitektur Pascal akan menghadirkan Performa gaming jauh lebih unggul dibandingkan pendahulunya, penggunaan daya listrik lebih hemat, beserta hadirnya sejumlah teknologi gaming terbaru ala NVIDIA merupakan sejumlah alasan mengapa kehadiranya begitu spesial.

GTX 1070 dengan shadernya lumayan cukup tinggi nilainya yaitu 2,048. VGA yang digunakan pada laptop ASUS ini yaitu dapat menghasilkan 6.738 GFLOPS dengan clock 1,506Mhz Boost Clock 1,683 MHz. Dengan kemampuannya tersebut, G752VS akan sangat mumpuni dalam melibas setiap game maupun rendering video.

sww

vr

y
Bayangkan betapa gegasnya sebuah laptop yang memiliki ram berkapasitas 64GB dalam mengeksekusi setiap aplikasi dan game tanpa jeda lag yang mengganggu. ROG G752VS memiliki 4 slot DDR4 dengan memori RAM 64GB DDR4.

DDR4 memiliki bandwith 20% lebih besar dan efisiensi tenaga 30% lebih tinggi dari memori DDR3. RAM DDR4 pada ROG G752VS berjalan pada 2400MHz, 12.5% lebih tinggi dari kecepatan DDR4. Bahkan dengan game terberat saat inipun, RAM 64 GB jelas lebih dari cukup dan tentu saja di sisi ini lagi-lagi G752VS menunjukan diri sebagai the real “gaming Laptop”.

Grafik Pengujian Game ASUS ROG G752VS

asus-rog-g752vs-xb72k-3dmark-fire-strike-extreme-100678520-orig

hdd

Sebagai laptop gaming modern Asus ROG G752VS mengakomodasi ruang penyimpanan dengan kapasitas yang lega yakni 1TB dan 2 buah penyimpanan berjenis SSD berukuran 512GB PCIEx4.

Mengingat size game saat ini cenderung makin “jumbo” tentu saja dengan kehadiran kapasitas penyimpanan yang lega menjadi nilai plus tersendiri, terlebih hadir juga slot SSD membuat sistem dan pembacaan data menjadi lebih cepat.

 

1panas-asus-rog-g752vs-1024x639Sebagai laptop Gaming yang didesain untuk terbiasa bekerja berat Asus ROG G752VS membekali diri dengan system pendinginan paling mutakhir yang akan melindungi dari panas yang berlebihan selama dipakai.

t

Fitur ekslusif ROG 3D Vapor Chamber, bersama dengan pipa tembaga penghantar panas, menciptakan sebuah sistem pendingin yang efektif dan efisien, membantu untuk menurunkan suhu temperatur GPU hinga 7°C. Teknologi 3D Vapor Pipe Chamber memungkinkan GPU yang lebih High- end dengan TDP (Thermal Desain Power) yang lebih tinggi agar lebih efisien dan efektif saat didinginkan hingga suhu operasi yang aman, dan dapat memperpanjang umur skilus dari produk itu sendiri.

3D Vapor Chamber diisi dengan cairan pendingin khusus, yang ketika dipanaskan akan mengubah fase dari cairan menjadi gas, dan kembali lagi secara terus menerus. Hal ini menghasilkan suhu yang stabil dan merata pada semua permukaan terlepas dari lokasi dan kepadatan sumber panas di bawah dasar ruang. Hal ini membuat fitur ekslusif 3D Vapor Chamber mampu membuyarkan hawa panas yang dihasilkan oleh high-end prosesor yang dioverclocked

1asus-rog7

ROG G752VS memiliki sistem thermal pendingin yang unik, mengarahkan debu keluar dari sebuah saluran dust-release tunnel untuk menjauhkannya dari komponen internal.

Hal ini terbukti dapat memperpanjang umur pemakaian dari setiap komponen dan meningkatkan stabilitas keseluruhan laptop dengan mencegah penyumbatan radiator dan mengurangi efektifitas pendinginan.

ROG G752 telah mendedikasikan modul pendinginan pada CPU dan GPU untuk secara efektif mendinginkan masing-masing komponen. Pipa pembuang hawa panas dikelola secara efisien dan dikeluarkan melalui ventilasi belakang agar panas langsung menjauh dari Anda untuk sesi game yang lebih nyaman.

rr

Dengan hardware sedemikian “wah” ditambah sistem pendingin Asus ROG G72VS memang memiliki dimensi yang cukup besar yakni 42.8 x 33.4 x 5.3 cm. Tetapi walaupun begitu, Asus dengan cerdik mendesain G752VS dengan sudut tipis di tepi depannya memberi kesan lebih ramping dan tidak monoton dengan gaya berbentuk kotak tebal. Sepanjang tepi belakang didominasi dengan bagian berwarna merah mencakup lubang exhaust yang besar semakin menambah aroma “Gahar”.

Pada bagian cover depan menggunakan bahan metal armor titanium dengan paduan warna plasma copper, selain enak dipandang juga memberikan proteksi yang lebih aman bagi lcd. Tidak tertinggal identitas ASUS ROG tersemat gagah diapit 2 garis led berwarna merah terang yang berani.

hhh

hbhhjhj

Area keyboard mengusung desain two-tone, menampilkan warna hitam lembut di sekitar tombol, dan warna abu-abu di sekitar tepi luar. Sekali lagi, desain gamer terlihat dominan dengan desain keyboard ergonomis dengan kedalaman 2.5mm memberikan kenyamanan dan akurasi ekstra dalam mengetik dan memasukkan perintah dalam permainan game. Keyboard juga dilengkapi dengan backlit memudahkan untuk mengetik dalam keadaan cahaya yang rendah.

asus-rog-backlight-100678513-orig

kk

Dengan adanya Fitur ASUS Icecool Technology, user akan merasa nyaman dalam menggunakan ASUS ROG G752VS. Kenapa bisa ? karena dengan desain penyebaran panas yang di pikirkan secara matang oleh ASUS mampu menjaga kondisi panas dan stabil di rentang antara 28 sampai 35 derajat. User bisa berlama lama menggunakan notebook gaming tanpa khawatir pergelangan atau tangannya terasa panas.

ggg

Memainkan Game di layar 17 inci dengan resolusi 4K UHD akan semakin membuat betah, memanjakan mata dengan detail yang menakjubkan. ROG G752VS memiliki fitur panel wide-view yang super cepat 120Hz, yang memberikan kualitas gambar yang luar biasa dan kontras bahkan pada saat dilihat dari sudut yang ekstrim. Teknologi dari NVIDIA® G-SYNC™ juga menjanjikan tampilan dalam bermain game yang halus dan lancar, dimana ia akan mensinkronisasi refresh rate layar dengan frame rate dari NVIDIA® GTX™ GPU’s untuk tampilan visual yang halus serta mulus. G-SYNC™ membantu untuk menghindari lag, meminimalisir stutter, dan menghilangkan tearing. Hal ini menjawab semua isu yang dialami oleh para gamers pada saat menggunakan V-Sync:

NO Tearing

stuterring

Reduce Stutering

1. “Stuttering” sejak GPU mungkin membuat frame pada tingkat yang berbeda setiap 1/60 detik.sti

2. Respon input yang tetap dan terbatas hingga 1/60 detik.

LESS Lag

sto

Teknologi G-SYNC™ menyuguhkan performa grafik gaming tercepat dan mulus lancar pada setiap game – semua ini dapat berjalan tanpa mempengaruhi kinerja dari sistem.

gggggggg

teknologi-in-plane-switching-rog

Memainkan Game dalam waktu yang lama lambat laun akan membuat mata lelah, namun hal ini dapat direduksi dengan adanya fitur ASUS Splendid Display yang menyediakan 4 mode yang bisa digunakan untuk menyetel layar agar nyaman digunakan dimata. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

  • Normal Mode adalah mode dimana LCD telah di setting secara optimal agar kenyamanan saat digunakan sehari hari seperti ngedit gambar, mengedit document, file bisa bertahan lama.
  • Eye Care Mode adalah mode yang satu ini dirancang untuk penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama karena kecerahan yang dipancarkan yaitu menggunakan cahaya lebih kuning (redup) yang berfungsi untuk mengurangi dampak cidera pada retina mata.
  • Vivid Mode adalah mode yang sangat cocok digunakan untuk menonton film, ngedit video , ngedit foto karena kontras warna yang dipancarkan lebih tajam .
  • Manual Mode adalah mode yang dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan, kontras sesuai dengan yang diinginkan berdasarkan kebutuhannya.

Dengan adanya mode layar yang dapat dipilih , user akan semakin nyaman dalam menatap layar berlama-lama tanpa mata merasa lelah.

audio

jjj

ASUS mengembangkan Sonic Studio dan Sonic Radar khusus untuk ROG G752VS. Sonic Studio dan Sonic Radar memberikan kualitas audio gaming yang mendalam. Sonic Studio menghasilkan suara audio gaming yang memiliki kualitas tinggi, serta peningkatan streaming dan perekaman audio untuk pengambilan suara yang sempurna dan pengurangan kebisingan. Sonic Radar membantu Anda untuk mendeteksi musuh Anda melalu sebuah on-screen overlay yang menunjukkan posisi relatif dari tembakan, langkah kaki, dan efek suara dalam game lainnya.

Spesifikasi ASUS ROG G752VS

spec

Bonus Isi Paket Penjualan
asus-rog9

kesimpulan

Kini gamer lebih senang dengan perangkat yang semakin mobile dan bisa diajak bermain game di mana saja. Inilah waktunya Laptop Gaming Terbaik untuk memainkan peran dan menjadi teman sejati seorang gamer hardcore. Gaming machine paling mutakhir Asus ROG G72VS akan membawa pengalaman bermain game ke level yang belum pernah ditemui.

manifestoSelain mumpuni digunakan untuk bermain game, ASUS ROG G752VS pun juga bisa dijadikan teman yang bisa diandalkan untuk hal-hal lain seperti kegiatan Multimedia, Rendering dan editing video, Modeling, Animasi yang notabene menggunakan aplikasi-aplikasi berat. Berbeda dengan PC dan komputer gaming yang harus dipakai di tempat, dengan memiliki laptop khusus game tentu gamer bisa bermain game ataupun bekerja dimana saja.

kenapa-harus-rog

Seorang hardcore gamer yang mementingkan pengalaman bermain game diatas rata-rata maka Asus ROG G752vs adalah jawaban yang tepat. Dengan desain yang keren habis plus performa yang luar biasa gahar tidak ada lagi lawan sepadan yang dapat mengalahkan, Benar-benar mendominasi dan menjadi yang terbaik di kelas laptop gaming.

diolah dari : pcworld.com,techspot.com, asus.com/id, google

comments