BERBAGI

Ujian Akhir Nasional bagi para siswa merupakan hal yang menakutkan, yah di alami sendiri oleh ciungtips saat-saat menjelang ujian dulu semasa SMK, nah perlu sobat ketahui ”sebetulnya kalau kita sudah mempersiapkan diri sebaik baiknya kita tidak perlu takut menghadapi ujian tersebut”. Selain persiapan diri dengan belajar dan menjaga kesehatan tubuh dengan cukup makan dan istirahat, selain itu siapkan alat tulis yang terbaik untuk mengadapi ujian.
1. Persiapkan diri dengan belajar dan cukup makan dan istirahat.
Ujian membutuhkan kondisi badan yang prima agar saat menghadapi soal kita dapat berpikir jernih.
2. Perhatikan dan baca dengan teliti instruksi yang diberikan.
Ini sangat penting, camkan oleh sobat jangan sampai hal-hal dasar menjadi penyebab ke tidak lulusan.
3. Gunakan alat tulis yang berkualitas.
Ini Penting sebab dengan alat tulis yang berkualitas kita setidaknya tenang karena lembar jawaban kita bisa terbaca dengan baik.

Bagaimana memilih pensil yang baik untuk ujian?
– Jangan membeli pensil yang isinya miring karena pensil dengan isi miring dapat dipastikan pensil mudah patah saat digunakan,pilihlah pensil dengan Leads tepat di tengah.
– Jangan membeli pensil dengan isi pensil yang merosot keluar dari pensil, pensil dengan isi yang merosot dapat dipastikan akan mudah patah saat digunakan.
Pilihlah pensil dengan Isi pensil yang besar,Isi pensil yang besar membuat pensil tidak mudah patah selain itu pensil dengan isi yang besar akan mempercepat proses melingkari jawaban.
– Pilihlah pensil dengan isi pensil yang lebih berkilau, isi pensil yang lebih berkilau akan lebih mudah dibaca oleh scanner.
Gunakan Pensil 2B – For Computer yang telah lulus test OMR Test / Scan Test.
Pensil yang telah lulus OMR Test dapat dipastikan bahwa isi pensil yang digunakan memiliki pencampuran yang sempurna sehingga dari ujung awal sampai akhir pensil memiliki grade yang sama yaitu 2B dan dapat dibaca oleh mesin scanner.
– Pensil mekanik memiliki lead yang lebih kertas dan dapat mengakibatkan Lembar Jawaban sobek dan bergelombang.
– Arsirlah jawaban sesuai pada bidang lingkaran yang disediakan,anda bisa menggunakan bantuan penggaris khusus ujian untuk mengarsir jawaban dengan rapih.

Bagaimana memilih penghapus yang baik untuk ujian?
– Jangan menggunakan penghapus karet (penghapus yang berwarna merah) karena penghapus ini cenderung mengikis permukaan kertas sehingga bila sering digunakan dikhawatirkan dapat melubangi kertas.
– Pilihlah Penghapus yang LEMBUT agar tidak merusak permukaan kertas.
– Penghapus biasa meninggalkan debu/kotoran pada kertas sehingga dapat menganggu proses SCANNING.
– Pilihlah Penghapus Khusus untuk Ujian yang dipastikan tidak meninggalkan kotoran pada kertas, karena debu/kotoran yang tertinggal dapat mengganggu proses SCANNING.

Peralatan tambahan untuk keperluan ujian
– Persiapkan diri anda dengan belajar soal-soal latihan ujian tambahan selain di sekolah.
– Siapkan Clip Board (Papan Alas Menulis) untuk digunakan di permukaan meja yang tidak rata,permukaan yang tidak rata dapat merusak kertas saat proses menghitamkan jawaban.
– Gunakan Penggaris Khusus EBTA & SPMB untuk melingkari jawaban dengan rapih.
– Simpanlah alat tulis anda dalam 1 tempat agar selalu siap saat sobat butuhkan.

Singkirkan pikiran menakutkan mengenai Ujian Nasional, berpikirlah positif,santai namun fokus.

Selamat menempuh Ujian semoga Sukses.
*_@

Info dikutip dari,faber castle.

comments