BERBAGI
tips memilih sofa

Sebagai tempat untuk menyambut tamu, ruang tamu biasanya diisi dengan berbagai perabotan yang sesuai dengan gaya rumah. Misalnya untuk gaya rumah klasik, Anda bisa menggunakan lampu gantung klasik atau pendant chandelier. Sedangkan untuk gaya rumah minimalis, Anda dapat memilih sofa minimalis yang berkarakter simpel dan modern.

Sofa minimalis kini sedang digandrungi oleh para pemilik rumah dengan gaya minimalis. Pasalnya, sofa ini memiliki bentuk yang sederhana namun tetap manis dan modern. Warnanya biasanya didominasi dengan nuansa monokrom seperti putih, hitam, dan abu-abu. Tetapi tidak jarang sofa minimalis hadir dengan warna cerah seperti kuning, merah, dan lainnya.

Apapun gaya yang diusung sofa, pastilah kenyamanan dan keawetan yang diutamakan. Apalah artinya sofa yang terlihat modern jika tidak nyaman dan cepat rusak.. Maka, ada tiga faktor penting yang mempengaruhi kenyamanan dan keawetan sebuah sofa. Yakni, suspense atau per, rangka, dan juga busa yang digunakan.

Ketiga faktor diatas dapat menjadi salah satu cara Anda untuk memilih sofa yang terbaik. Seperti apa? Yuk simak beberapa tips berikut ini.

Suspensi

Suspensi atau per adalah bagian dari sofa yang menyangga busa agar nyaman saat diduduki. Ada beberapa tipe suspensi yang digunakan oleh produsen ketika mendesain sofanya. Untuk sofa yang memiliki harga mahal, produsen biasanya menggunakan prinsip eight-way hand-tied. Anda cukup menekan sandaran sofa dan akan terasa pantulan per yang terpisah di antara kain sofa. Sedangkan untuk sofa yang lebih murah, prinsip Sinous springs digunakan untuk mengecek kualitasnya. Suspensi tersebut terbuat dari logam zig zag yang ditata secara beraturan dalam sebaris bagian depan sofa

Rangka

Sofa biasanya menggunakan kerangka berbahan kayu solid atau kayu engineered. Material tersebut sangat tahan lama dan kokoh. Jauh berbeda dengan material kayu daur ulang seperti papan kayu partikel, medium-density fiberboard (MDF), dan juga plywood standar. Selain materialnya, rangka yang bagus juga didukung oleh konstruksinya. Jika konstruksinya benar, sofa akan terasa kokoh dan nyaman.
Busa

Busa tentu menjadi salah satu faktor kenyamanan dari sofa minimalis yang akan Anda pilih. Busa sendiri memiliki beberapa tipe yang dibungkus dengan material serat polyester. Pusat busanya sendiri sebaiknya memiliki ketebalan minimal empat inci. Untuk busa yang harganya cukup mahal, pusat busanya dibungkus masing-masing sehingga akan membentuk kelompok busa. Jadi akan lebih kencang dan membentuk badan sofa yang nyaman, bagus, juga awet. Sebaiknya Anda memilih busa yang pas, tidak terlalu empuk, juga tidak terlalu keras. Hal itu dapat membuat sofa cepat berubah bentuk. Sedangkan untuk busa sandarannya, biasanya berisi hanya dengan serat polyester. Namun ada juga yang dikombinasikan dengan busa agar lebih empuk dan nyaman.

Kain pelapis

Satu hal tambahan untuk mencari sofa minimalis terbaik adalah dengan mengecek kain pelapis yang digunakan. Pada umumnya, Anda akan dihadapkan dengan beragam bahan kain pelapis, mulai dari kulit asli, kulit sintetis, oscar, hingga denim. Untuk sofa dengan gaya klasik biasanya dilapisi dengan kulit asli. Harganya pun cukup mahal, sesuai dengan kualitas kulit yang dipakai. Lalu untuk sofa minimalis, kain pelapisnya lebih beragam. Anda bisa memilih sofa dengan kain pelapis yang sesuai dengan warna dan gaya ruang tamu Anda. Misalnya ruang tamu Anda menggunakan cat dinding warna monokrom dan bergaya maskulin, pilihlah sofa minimalis berbahan kulit dengan warna senada agar suasana ruangan lebih elegan.

Setelah menegtahui 4 tips sebelum memilih sofa minimalis untuk rumah Anda, kini saatnya Anda berburu sofa minimalis di MatahariMall.com! Promo yang diberikan tentunya akan membuat Anda bisa mendapatkan sofa impian dengan harga terbaik. Tak perlu takut lagi kantong Anda akan jebol.

comments