BERBAGI

Bagi generasi milenial Internet adalah bagian dari kehidupan, sekaligus tempat untuk bermain menyalurkan ekspresi yang menyenangkan. Melalui internet kita dengan mudah membuat karya dan kemudian di apresiasi oleh khalayak. Menulis kini bukan hanya monopoli jurnalis, membuat video bukan bukan hanya bagi sineas ternama. Karena di internet telah tersedia beragam platform seperti blog, youtube, dan social media yang membuka jalan lebar bagi mereka yang berjiwa kreatif untuk berkarya.

Menariknya banyak dari platform itu bisa dimulai dengan gratis, untuk membuat karya kitapun bisa mencari referensi dan tutorial lagi-lagi dari internet. Semua orang bisa menjadi konten kreator, apapun latar belakang mereka asalkan memiliki kemauan untuk belajar dan kreatif pasti akan menikmati hasil dari manisnya sebuah karya. Tiap hari adalah tantangan, tren baru muncul dengan cepat membuat ritme hidup semakin dinamis.

bayu skak
bayu skak konten kreator youtube yang punya 1jutaan subscriber

Berawal dari hobi dan dilakukan secara konsiten, aktivitas membuat konten di internet pada akhirnya bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Jika menilik situs statistik "socialblade" untuk channel "bayu skak dan bayu skak daily life" memiliki potensi pendapatan ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap tahunnya. Walaupun tidak tepat 100% tetapi tetap saja angka tersebut sangat fantastis, belum lagi dari kerjasama seperti endorsement juga memiliki nilai yang lumayan.

Selain materi tentu saja keuntungan untuk menjadi terkenal dan dihargai oleh banyak orang. Berani membayangkan ?, dari seorang biasa kemudian dikenal dan punya fans sendiri. Setiap karyamu ditunggu, kemudian menjadi viral dan trending di internet its soooo amazing!. Maka tak heran jika kemudian "Konten Kreator" bisa disebut sebagai salah satu pekerjaan paling menyenangkan yang ada di bumi.

kualitasKonten kreator kini dituntut semakin berkualitas, coba saja deh sekarang jika menonton youtube rasanya malas jika videonya memiliki editing tidak bagus, suara pecah, video resolusinya rendah. Kita secara otomatis akan memilih konten yang lebih bagus dan dipersiapkan dengan baik. Begitupun dengan blog yang sekarang lebih banyak variasi seperti infografis, gambar dan ilustrasi menarik lainnya supaya pengunjung merasa betah.

Karena sekarang internet bukan lagi hambatan saat berselancar di dunia maya. Jaringan sudah 4G tetapi nonton youtube pake 144p? nope, Orang-orang tak lagi sayang kuota dengan menikmati video dengan kualitas pas-pasan. Agar bisa bertahan 'para konten kreator' harus upgrade skill dan gear dalam proses kreatif mereka.

reddit
reddit

Laptop untuk render video, mengerjakan ilutrasi dan desain diharuskan memiliki spesifikasi yang gahar. Karena aplikasi editing membutuhkan resources yang banyak dari prosesor dan kartu grafis. Jika spesifikasinya kurang mumpuni, bisa-bisa ditengah proses render atau editing malah "not responding" kemudian menutup tiba-tiba. Hasil kerja kamu akan sia-sia dan mengulang dari awal OH GOD!. Jika dipaksa render membutuhkan waktu berjam-jam, pas kamu upload trend nya sudah lewat, syedih!.

gaharKita butuh laptop gahar kok rekomendasinya malah ASUS Zenbook ?. Wait bro, Asus Zenbook ini mungkin terlihat indah dimata kamu hingga mengabaikan spesifikasi yang tertanam padanya. Sama sekali tidak, Asus Zenbook UX410UQ selain tampil maksimal juga dibekali dengan spesifikasi yang akan mendukung banget proses kreatif, mau diajak render, editing video, musik, desain ilustrasi atau apapun akan siap banget. Tidak akan ada "nge-lag parah, atau bahkan force close".

ux410Prosesor ini memiliki clockspeed yang lebih baik hingga terpaut 400Mhz lebih tinggi daripada seri sebelumnya (i7-6500U) dan menariknya walaupun kinerja meningkat justru memiliki efisiensi daya yang lebih baik. Intel Core i7-7500U adalah processor dual-core ULV hemat daya yang bekerja dengan kecepatan 2.7 sampai 3.5 GHz lengkap dengan teknologi Hyper Threading yang akan memberikan performa terbaik dalam setiap penggunaannya.

Untuk mendukung performa multitasking yang gegas, Core i7-7500U ini ditemani oleh RAM bawaan sebesar 8GB bertipe DDR4 2133MHz SDRAM. Dan jika dirasa masih kurang, kita bisa upgrade RAM sampai 16GB yang tentunya akan terasa semakin bertenaga saat mengeksekusi berbagai aplikasi untuk mendukung pekerjaan kita sebagai konten kreator.

cpu-z-asus-ux410

nvidiaPada dasarnya Prosesor i7-7500U dibekali GPU bawaan intel hd graphics 620 dengan clock speed 300 – 1050 MHz yang akan menangani proses komputasi ringan, seperti mengetik, office ataupun pekerjaan ringan lainya. Sementara jika untuk bekerja berat seperti menghandle "editing dan nge-game" ada NVIDIA GeForce 940MX yang akan mengambil alih urusan grafis-nya dengan bekal 2GB VRAM bertipe GDDR3. Dengan pembagian ini Asus UX410UQ bisa lebih hemat daya.

grafis-ux410

Dengan demikian tidak ada keraguan bagi kita saat menggunakan ultrabook ini sebagai "gear andalan" dalam pembuatan karya-karya kita, perpaduan prosesor i7-7500U dengan NVIDIA Geforce 940MX mampu banget dibawa kerja berat. Kalau lagi suntuk diajak ngegame juga oke, sembari menunggu inspirasi tiba, bukan pilihan yang buruk bukan ?.

FPS yang didapatkan dari beberapa game yang ditest oleh ultrabookreview.com untuk UX410UQ

  Nvidia 940MX – FHD low Nvidia 940MX – FHD high Intel HD 620 – FHD low
Dirt: Autogrid 55 fps 29 fps 34 fps
Bioshock Infinite 34 fps 23 fps 23 fps
NFS Most Wanted 30 fps 17 fps 29 fps
Metro Last Light 23 fps 14 fps 17 fp
Tomb Raider 59 fps 21 fps 40fps

win 10Tidak hanya dibutuhkan aplikasi yang tepat, sistem operasi Microsoft Windows 10 adalah salah satu faktor mengapa kemampuan prosesor Intel Core i 7th Generation “Kaby Lake” dapat dimanfaatkan sepenuhnya. Kaby Lake miliki fitur Intel Speed Shift, dimana procesor dapat merubah power state lebih cepat dari Skylake. Hanya membutuhkan waktu 15ms perubahan clock speed. Selain itu juga fitur Turbo bost yang mampu menaikan clockspeed dari 2,7GHz hingga 3,5GHz. Dengan dukungan windows 10 original, UX410UQ memberikan kinerja maksimal dan rasa aman bagi penggunanya.

Keuntungan Menggunakan Windows 10 Original

"Sistem operasi windows yang asli selalu up to date untuk melindungi perangkat dari kejahatan siber,"

Windows 10 asli mengoptimalkan kinerja perangkat dengan aman. Fitur-fitur windows dapat berjalan dengan baik.

Penggunaan Windows 10 asli dapat mengurangi kemungkinan downtown atas kerusakan hardware.

ringan
Seri Zenbook di ciptakan sebagai pengisi segmen ultrabook premium dengan desain yang indah. Setiap lekuk, aksen dan material bahannya merupakan yang terbaik sehingga membuat para penggunanya terlihat spesial dan menjadi pusat perhatian. Begitupun dengan Zenbook UX410UQ yang memiliki desain ultraportabel dengan tebal 18.95 mm, sedangkan bobotnya hanya 1,4 kg membuatnya nyaman untuk dibawa kemanapun. Bobot tersebut bisa dicapai karena pemilihan bahan berkualitas paduan alumunium yang sangat ringan namun tetap solid.

1,4
sumber: gadgetin

Dengan finishing spun - metal yang unik, dan motif lingkaran yang terinsipirasi dari zen, memberikan kesan tangguh dan durabilitas yang tinggi untuk ZenBook UX410 ini. ZenBook UX410 tersedia dengan 2 warna yang bisa disesuaikan dengan karakter pengguna: Quartz Grey dan Rose Gold.

rose

layar
Layar  Zenbook UX410UQ sungguh diluar kebiasaan, bezel tipis yang hanya 0,6 cm ini benar-benar menambah kesan elegan dan sedap dipandang mata. Bukan hanya itu dengan bezel tipis Zenbook UX410UQ memiliki dimensi yang tetap kompak walaupun memiliki layar 14 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD (1920×1080) dengan panel NTSC atau besaran color gamut (adobe RGB) 72 persen dan nilai sRGB 100 persen.

EYE CARE

Viewing angle yang luas yakni 178 derajat serta tingkat kecerahan layar 310 nits, Display-nya juga bertipe matte sehingga tidak akan memantulkan cahaya atau bayangan jika terpapar cahaya secara langsung. Memanjakan para kreator ketika berada di luar ruang.

FireShot Screen Capture #101 - 'ASUS ZenBook UX410UQ I Laptop I ASUS Indonesia' - www_asus_com_id_Laptops_ASUS-ZenBook-UX410UQ_FeaturesBagi konten kreator layar yang nyaman adalah impian, maka dari itu UX410UQ membekali diri dengan beragam software yang akan membuat kita merasa betah bekerja didepan layarnya. Software tersebut antara lain bernama ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid. Dengan software andalan ASUS tersebut kita bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam bekerja bersama UX410UQ.

asus-splendid-technology

 

Konektifitas
Apakah ultrabook seperti Zenbook UX410UQ memiliki port yang lengkap ? jawabanya adalah "tentu saja!". Walaupun memiliki body yang tipis dan ringan, tetapi UX410UQ menyertakan port-port yang terbilang lengkap. ZenBook UX410 memiliki port konektivitas yang lengkap.

Asus-Zenbook-UX410UQ-GV039T-3

Disisi kanan ada dua buah USB 2.0 dan SD Card. Sementara disebelah kiri ada ada 1 buah USB 3.0, HDMI, USB type C, dan port audio jack serta power konektor.
dfd

Sementara untuk Konektifitas, ZenBook UX410 membuatmu terhubung lebih cepat dan lebih jauh dengan tipe Wi-Fi 802.11ac terbaru – Wi-fi ini sampai 2,8 kali lebih cepat dari 802.11 b/g/n! dan Bluetooth® 4.1 membuat kita terhubung dengan perangkat favorit tanpa banyak mempengaruhi kinerja baterai.

Kapasitas penyimpanan
Sebagai konten kreator kita banyak mengoleksi gambar, video footage ataupun file-file yang berhubungan dengan produksi karya kreatif, untuk itu kita membutuhkan "gear' yang memiliki kapasitas penyimpanan besar untuk mengakomodasi hal tersebut. Zenbook UX410UQ dibekali dengan 1TB hardisk 5400 rpm dan 1 buah ssd 128GB. Dengan kombinasi 2 jenis penyimpanan ini membuat kinerja Zenbbok UX410UQ semakin dapat diandalkan.

proses copy dan menulis data yang cepat
proses copy dan menulis data yang cepat

Dengan SSD proses booting dan eksekusi aplikasi akan semakin gegas, sementara 1TB HDD bisa digunakan sebagai media penyimpanan yang lapang. Kabar baiknya SSD tersebut masih bisa di upgrade ke kapasitas yang lebih besar untuk dapat menyimpan file lebih banyak.

keyboard
Menulis artikel untuk diposting ataupun menulis naskah untuk video youtube terkadang membutuhkan waktu yang tidak singkat, begitu inspirasi macet seringnya direvisi hingga berulang-ulang. Bagaimana jadinya jika hal tersebut tidak didukung oleh keyboard yang nyaman saat mengetik ?, pastinya akan sangat menyebalkan dan mengganggu. ASUS Zenbook UX410UQ memiliki keyborad yang begitu nyaman dan lembut, hal ini dapat terjadi karena desain keyboardnya yang ergonomis, dengan jarak tombol 1.6mm menjadi semakin bebas saat mengetik dan meminimalisir typo atau salah penulisan.

Backlit Keyboard dengan ukuran penuh milik ZenBook UX410 dibuat dengan kokoh dalam satu bagian untuk sebuah pengalaman mengetik yang luar biasa. Selain itu, keyboard tersebut memiliki 'cahaya latar belakang' yang bisa diatur memastikan penggunaan yang nyaman dalam kondisi kurang cahaya.