BERBAGI

Kini, asuransi kendaraan kian diminati oleh masyarakat modern. Karena perlindungan terhadap kondisi kendaraan dianggap semakin penting. Risiko kerusakan kendaraan karena kecelakaan, bencana alam, pencurian, atau hal-hal lainnya memang bisa mengakibatkan kerugian finansial.

Belum terlambat bila kita baru berencana mengajukan asuransi kendaraan mobil sekarang. Cermati prosedur berikut ini agar nanti pengajuan asuransi mobil berlangsung cepat dan lancar :

Mencari Informasi Seputar Perasaan Asuransi
Kemunculan banyak perusahaan asuransi memang memberikan kita keleluasaan dalam memilih. Kendati demikian, kita harus tetap cermat sebelum menentukan pilihan. Perusahaan asuransi dengan reputasi baik tentu memiliki proteksi maksimal untuk kendaraan kita. Sehingga kita pun tak perlu khawatir dengan hal-hal tak terduga yang bisa terjadi pada kendaraan kita.

Menyiapkan Kelengkapan Identitas
Kelengkapan identitas adalah persyaratan penting yang wajib dipenuhi ketika mengajukan asuransi mobil. Dokumen berupa KTP, SIM, STNK, dan kelengkapan lainnya harus disiapkan tergantung dari permintaan perusahaan asuransi. Kalau sudah menyiapkan semua kelengkapan identitas, maka kita bisa melanjutkan pengajuan ke tahap selanjutnya.

Menantikan Proses Survey
Bila kelengkapan identitas sudah kita penuhi dengan baik, selanjutnya perusahaan asuransi akan melakukan survey untuk melihat kondisi mobil kita. Proses ini akan menentukan berhasil atau tidaknya pengajuan asuransi yang kita lakukan. Namun kita tidak perlu khawatir. Sebab sebagian besar perusahaan asuransi akan langsung menerima pengajuan bila kendaraan kita berada dalam kondisi baik dan memenuhi syarat.

Menerima dan Mempelajari Polis
Kita akan segera menjadi nasabah asuransi mobil bila sudah menerima dan mempelajari polis. Jangan malas mencermati isi polis asuransi mobil yang sudah ada di tangan kita. Karena polis tersebut berisi ketentuan-ketentuan yang mengatur asuransi dan proses klaimnya. Kita tak perlu segan bertanya kepada agen atau pihak perusahaan asuransi jika ada bagian polis yang belum kita pahami.

Mulai Membayar Premi Secara Teratur
Setelah melewati empat tahap sebelumnya, kita pun sudah siap untuk mulai membayar premi asuransi mobil secara teratur. Mobil kesaangan akan mendapatkan proteksi yang sesuai dengan ekspektasi kita. Lakukan proses pembayaran secara teratur agar proteksi asuransi tidak dianggap berhenti sementara waktu.

Usai mempelajari prosedur tersebut, kita pun jadi semakin paham tentang pengajuan asuransi kendaraan mobil milik anda. Sudah waktunya melindungi mobil kesayangan dari risiko-risiko tak terduga yang mengintai. Mobil kesayangan terlindungi dengan baik, kondisi finansial kita pun akan relatif stabil.

comments