BERBAGI
mediarealm.co.au

Perkembangan teknologi yang begitu cepat seolah menuntut masyarakat untuk ikut berfikir secara modern. Hal ini terbukti dengan kebutuhan masyarakat akan perangkat komputer dan laptop yang semakin besar demi menunjang aktivitas dalam hidupnya. Jika membicarakan tentang komputer, maka tak bisa dilepaskan dari adanya perangkat lunak atau biasa disebut dengan software. Software gratis tentu menjadi hal yang paling dicari saat ini.

Software tak berbayar memang sangat menarik untuk diunduh lantaran tanpa harus mengeluarkan biaya, Anda sudah bisa mendapatkan perangkat lunak yang diinginkan. Namun Anda juga perlu lebih berhati-hati dalam mengunduh software yang gratis mengingat kini banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab yang berusaha untuk selalu mengambil keuntungan dengan cara yang tidak benar. Oleh karena itu sebelum mengunduh software yang gratis, ada baiknya Anda memperhatikan keamanannya terlebih dahulu. Berikut ini ulasannya:

1. Pastikan memilih developer terpercaya
Pertama, Anda harus memilih developer terpercaya terlebih dulu untuk bisa mendapatkan software yang memang bermutu. Anda bisa memilih developer yang memang sudah berpengalaman di bidangnya seperti Microsoft, Google atau developer lainnya dengan kelas lebih kecil. Untuk bisa mengetahui apakah developer tersebut aman atau tidak, Anda bisa mencari tahu lewat internet terkait perusahaan developer tersebut.

2. Situs terpercaya
Daripada mengunduh dari situs-situs yang belum jelas keamanannya, lebih baik Anda mengunduhnya langsung melalui situs official. Anda cukup mengetikkan nama software dan nantinya situs official atau situs resminya akan muncul di urutan paling atas.

3. Ulasan juga bisa mempengaruhi
Beberapa situs download umumnya menyertakan ulasan dari pengunduh sebelumnya yang telah mengunduh software tersebut. Namun yang terpampang biasanya hanya ulasan positif saja. Untuk lebih obyektif, Anda bisa mencari referensi tambahan dari internet terkait ulasan secara keseluruhan.

4. Scan antivirus
Antivirus menjadi hal yang mutlak dibutuhkan oleh semua pengguna komputer dan laptop. Dengan adanya antivirus, maka software yang berpotensi membahayakan akan bisa diamankan. Anda pun bisa melakukan scan pada software yang akan diinstal di komputer sehingga bisa mengetahui keamanannya lebih jauh.

5. Perhatikan proses instal
Umumnya software tak berbayar akan dilengkapi dengan aplikasi lain atau toolbar yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Untuk itu perhatikan proses instal nya dengan cermat sehingga yang software yang terinstal memang software yang Anda butuhkan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengunduh software gratis. Semua hal tersebut dilakukan agar keamanan komputer atau laptop Anda lebih terjaga dari virus atau software palsu yang berusaha untuk merusak sistem dalam perangkat Anda. Selalu berhati-hati dan cermat sebelum mengunduh dan menginstal software, mutlak Anda lakukan.

comments