BERBAGI

ciungtips.com – Laptop Gaming paling gahar di muka bumi telah secara resmi dirilis di Indonesia, Asus ROG GX800 akan menjadi suksesor bagi pendahulunya GX700. Sebagai penerus kasta tertinggi laptop gaming, GX800 memiliki spesifikasi yang begitu “mengerikan” dilengkapi hardware masa kini seperti prosesor Intel Kaby Lake K Series dan dua graphics card GTX1080 paling kencang di muka bumi saat ini dari NVIDIA. Prosesor Intel Core i7-7820HK ini merupakan seri prosesor quadcore tercepat bagi notebook dengan basis arsitektur kabylake dan mendukung overclock untuk meningkatkan performa namun tetap hemat daya.

Alva jonathan a.k.a LuckyNoob overclocker kelas dunia
Alva jonathan a.k.a Lucky_N00b overclocker kelas dunia jajal Asus ROG GX800

Menariknya untuk overclock notebook ini sangat mudah karena hanya perlu dengan mengakses “ROG Gaming Center” dan memilih profile untuk mencapai Clock speed 4,4 GHz (default base clock 2,9 GHz) atau memilih mode manual untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi.

overclock via asus rog gaming centre
overclock via asus rog gaming centre

Disela-sela peluncuran pada 22 maret lalu di Jakarta, overclocker kelas dunia dari Indonesia Alva Jonathan menjajal kemampuan ROG GX800 ini dan mengeluarkan kemampuan paripurna untuk membuktikan bahwa GX800 memang monster sesungguhnya. ASUS ROG GX800 saat ini bertengger di posisi pertama pada kompetisi online yang dilakukan HWBOT untuk kategori notebook/laptop.

hwbot
ASUS ROG GX800 di overclock oleh alva jonathan pecah rekor no1 di dunia http://hwbot.org/submission/3499172_

Skor Cinebech

Skor cinebech ROG GX800, atas mode extrem bawah mode standar

2 Way SLI GTX1080 memberikan Real 4K gaming
Bagi laptop gaming seharga 95 juta, tentu saja tak cukup dengan yang biasa saja Kartu grafis yang digunakan bertipe 2 Way SLI GTX1080 pun menjadi pelengkap yang sangat ideal. GeForce GTX 1080 ini merupakan generasi kartu grafis paling gila dari NVIDIA, dan menjadi penanda era baru kartu grafis dengan proses fabrikasi 16 nanometer setelah sebelumnya bertahan lama dengan proses 28 nanometer. Jika digambarkan GTX 1080 ini memiliki kinerja lebih tinggi dibandingkan Titan X ataupun dua kartu grafis GeForce GTX 980 yang digabungkan melalui teknologi SLI. Jika 1 GTX 1080 saja sudah demikian monster maka ASUS ROG GX800 menggunakan 2 GTX1080 yang digabungkan, bayangkan saja betapa mengerikannya kinerja Notebook kelas dewa ini!!.

Seting Game 4K

Tidak hanya CPU-nya saja yang sanggup di overclock, namun GPU-nya juga mampu dimaksimalkan kemampuannya. GPU dapat di overclock mencapai 2,1GHz melalui ASUS Gaming Center. Semua game yang support dengan fitur 4K dapat dengan lancar dimainkan dengan FPS mencapai di atas 60. Memainkan game dengan resolusi 4K tentu saja akan memberikan pengalaman gaming yang luarbiasa. Visual game dapat tersaji dengan detail luar biasa, tajam dan jernih tanpa tereduksi oleh performa yang turun.

FPS game di setingan extreme

Sebagai kartu grafis terbaru, GTX1080 mendukung fitur VR Ready serta beberapa teknologi lainnya antara lain Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL dan lainnya yang sangat berguna untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan efek efek di dalam game agar bisa berjalan mulus ketika dimainkan.

Desain Khas, ASUS ROG GX800 Lebih Gahar

gx800 2
Peluncuran Asus ROG GX800 di Jakarta 22/03/2017

Secara fisik, dilihat sepintas Asus ROG GX800 memang tampil identik dengan GX700. Sama-sama memiliki warna “plasma Cooper’ serta logo ASUS dibagian tengahnya yang diapit oleh 2 garis led berwarna merah terang yang berani. Panel LID atau covernya terbuat dari alumiunium, pun begitu dengan area keyboard serta palm rest. Sementara bodi bagian bawah, khususnya cover penutup untuk mengakses kompartemen bagian dalam tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM terbuat dari material plastik khusus.

rg1
perbedaan antara ASUS ROG GX700 dan ROG GX800

GX800 tampil dengan layar lebih lapang layar 4K UHD with Gsync membuat bermain game lebih leluasa. Selain itu, dengan peningkatan di segala sisi membuat GX800 memiliki bobot yang lebih berat dan body yang sedikit lebih tebal dibandingkan dengan pendahulunya. Desain memang identik, tetapi bicara tentang spesifikasi ASUS ROG GX800 jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan GX700.

Peningkatan spesifikasi berimbas pula pada penambahan bobotnya, Notebook ini memiliki berat 5,7 kilogram dan dockingnya sendiri memiliki berat 4,7 kilogram. Beruntung Asus melengkapi paket penjualan dengan “Backpack dan koper” untuk lebih memudahkan mobilitas.

Sitem pendinginan lebih powerfull

rog liquid cooling
Dengan spesifikasi yang meningkat dibandingkan dengan GX700, tentu saja GX800 ini memerlukan sistem pendinginan yang lebih mumpuni. Oleh sebab itu, ASUS ROG GX800 memiliki desain dan tekhnologi berbeda dengan pendahulunya GX 700,ASUS membuat aliran watercooling yang terbuat dari radiator tersebut mampu mengaliri dua buah GPU sekaligus CPU yang terpasang di dalam notebook tersebut untuk mendinginkan sistem. Dengan demikian walaupun CPU-nya di overclock hingga frekuensi 4,6GHz akan tetap aman ketika dalam mode docking mode (notebook telah terpasang dengan docking watercooling).

2 buah adapter penyuplai daya 330 watt
2 buah adapter penyuplai daya @330 watt

Kinerja yang demikian powerfull dalam keadaan extreme mode mengharuskan docking terpasang, pengguna harus memasang dua buah charger yang totalnya mencapai daya 660W. Dua buah adapter daya tersebut masing-masing digunakan untuk notebook dan docking water cooling secara terpisah. Hal ini wajar mengingat ASUS ROG GX800 memiliki dua buah graphic card GTX1080 yang harus diberi daya yang mumpuni dan membutuhkan pendinginan untuk mengeluarkan daya terbaiknya.

Sementara jika dipakai dengan tanpa docking, ASUS ROG GX800 memakai sistem pendingin dari 2 buah fan yang cukup besar. Untuk sirkulasi udara ASUS ROG GX800 ini punya exhaust yang terletak dibelakang notebook untuk mengeluarkan panas. Sementara dua buah ventilasi yang terletak di kanan dan kiri perangkat berguna untuk menyaring udara yang masuk.

GX800 intake
ventilasi udara, asus rog gx800 tetap dingin

Keyboard Mechaninal with Asus Aura
Notebook Gaming Dewa ini kini beralih menggunakan “Mechanical Keyboard dengan RGB Light” setelah generasi sebelumnya GX700 hanya menggunakan “single keyboard red”. Dengan pemilihan ini Asus ROG GX800 memberikan kenyamanan dan daya tahan yang lebih baik.

The ROG Mechanical Tactile Advanced Gaming Keyboard (MechTAG) mungkin adalah keyboard terbaik yang pernah ditemukan pada laptop gaming, keyboard terasa clicky juga sangat halus dan empuk. Keyboard tersebut didesain untuk menjadi lebih tipis sehingga membantu menjaga dimensi ROG GX800 tetap kompak. Keyboard MechTAG memiliki tombol backlit yang secara individual dapat memprogram dengan efek RGB LED melalui fitur ROG Aura yang terdapat pada ROG Gaming Center. “RGB Light” membuatnya lebih atraktif sehingga makin membawa suasana saat gaming.

keyboard rog gx800

Asus ROG GX800 memiliki trackpad yang sangat responsive dan punya daya jelajah yang amat luas. Trackpad buttonnya dibuat dengan sangat baik dan empuk ketika digunakan. Logo ASUS yang berada di sebelah kanan notebook ikut menyala ketika perangkat dihidupkan dan juga mendukung RGB Led yang dapat disesuaikan.

Layar 18.3 inci UHD

gsync

ASUS ROG GX800 memiliki bentang layar seluas 18.3 inci, yang juga menjadikanya sebagai “The world’s first 18-inch real 4K UHD gaming laptop” yang akan memberikan visualisasi menakjubkan dalam setiap penggunaan nya. Layar luasnya tersebut memperoleh finishing matte yang berguna untuk membuat mata para gamers tidak mudah lelah saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jenis layar seperti ini pun juga membantu mereduksi pantulan sinar cahaya dari luar arah belakang secara signifikan.

layar gx800

Dengan panel beresolusi Ultra HD alias 4K (3840X2160) dilengkapi dengan teknologi NVIDIA G-SYNC yang berguna untuk memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU, sehingga layar yang sudah menggunakan teknologi ini bisa dipastikan memiliki gerakan yang lebih mulus dan mampu mengeliminasi gerakan patah-patah (screen tearing) yang diakibatkan oleh ketidak-cocokan refresh rate antara layar dan GPU.

layar gx800 2

Seperti juga produk Asus lainya, Di dalam display pun telah disematkan teknologi bernama Splendid Display. Fitur yang sangat menyenangkan ini, mempunyai empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

Kualitas Suara memanjakan Gamer

 

gx800 sound
Semua tekhnologi audio yang akan membawa gamer kepada suasana permainan terbaik yang pernah dirasakan. ESS SABRE headphone DAC dan amplifier memberikan sample rate yang delapan kali (8x) kualitas audio lebih baik dari CD. Audio game terdengar lebih kaya, dengan detail yang lebih besar dan lebih sedikit distorsi, bahkan ketika menggunakan headset.

Selain itu, ASUS Sonic Studio menyediakan berkualitas tinggi gaming audio serta mampu mengurangi kebisingan. Dengan dua tweeter yang terletak di dasar layar dan dua speaker full-range besar di sasis, ROG GX800 memberikan pengalaman audio terbaik bagi para gamer.

Konektifitas dan Kapasitas Penyimpanan
Apa yang diharapkan dari notebook seharga 95 juta selain yang terbaik tertanam di dalam bodynya. Begitu juga dalam hal penyimpanan, ASUS ROG GX800 menggunakan 3 buah SSD seluas total 1,5TB yang memiliki fitur NVMe alias Non Volatile Memory Express untuk memaksimalkan kecepatan bandwidth-nya. Slot PCIE 4 menghasilkan kecepatan membaca SSD hingga 20Gb per detik, atau 4 gigabyte lebih cepat dibandingkan dengan Raid 0. ROG HyperDrive dimasukkan melalui tes ketahanan, termal dan kinerja yang ketat untuk memastikan keandalan yang lebih besar untuk perlindungan data fisik.

1,5 TB ruang penyimpanan dengan kemampuan membaca dan menulis file dengan begitu cepat membuat notebook ini nyaman digunakan gaming dan rendering. Asus ROG GX800 juga dibekali dengan RAM 64GB yang sangat berguna saat membuka banyak aplikasi atau multitasking tanpa takut menjadi lemot.

Test CrystalDiskMark

Untuk mendukung gamer yang memainkan game online, GX800 juga dilengkapi dengan WiFi antena eksternal. ASUS sendiri mengatakan bahwa daya jangkaunya dalam menangkap sinyal dapat di boost hingga 50 persen lebih baik daripada mengunakan antenna standar.

port rog gx800

The Real Monster Gaming Machine ini, memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz.

Ada 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal serta 2-1 card reader. Tidak lupa juga LAN port dan Kensington lock.

Spesifikasi Lengkap Asus ROG GX800

spesifikasi asus rog gx800

Kesimpulan.

Asus ROG selalu menghadirkan performa, ide dan inovasi terbaik dalam setiap produk sehingga mengantarkan dirinya sebagai laptop gaming masa kini dengan mendominasi pasar lebih dari 60%. Yang terkuat mendominasi segalanya, dan Asus ROG telah terbukti menjadi lambang supremasi para gamer yang menginginkan gaming experience terbaik.

Sebagai produk premium, ASUS ROG GX800 bukan ditujukan bagi konsumen yang rewel soal harga, tetapi ditujukan bagi mereka yang menghargai setiap desain yang disandingkan dengan tekhnologi gaming terkini. Bagi mereka yang selalu ingin tampil menonjol dan anti mainstream.

Harga 95 juta tetap “worth it” untuk dikeluarkan demi sebuah gaming monster ini. Karena disetiap lekuk dan inci mesin yang terpasang sudah merupakan yang terbaik, terlebih logo “ASUS ROG yang berani” tersemat di body nya, siapa kuasa untuk menolak ?.

sumber tulisan dan gambar: press release asus, asus.com, dailysocial.id

comments