BERBAGI

Beragam jenis headphone yang dijual di pasaran menawarkan harga yang sesuai dengan spesifikasi dan kualitas. Hukum yang berlaku masih tetap sama, ada harga ada barang. Harganya mahal, tentu kualitasnya juga luar biasa. Namun jika cermat memilah dan memilih, Anda akan mendapatkan headphone dengan harga murah dan kualitas baik, lho. Penasaran bagaimana caranya? Simak beberapa tips di bawah ini.

Spesifikasi headphone
Ketika memilih headphone, jangan lupa untuk melihat spesifikasinya terlebih dahulu secara detail. Spesifikasi yang lengkap dan bagus, tentu akan memengaruhi ke kualitas suaranya. Di dalam headphone terdapat frequency response, yaitu ukuran seberapa lebar rentang frekuensi suara yang dapat dihasilkan oleh headphone. Jadi jika rentang frekuensi suaranya besar, semakin baik pula detail suara yang didengar.

Pilih model headphone yang nyaman
Ada beberapa model headphone yang beredar saat ini, seperti over-ear, in-ear, atau on-ear. Bagi Anda yang menyukai headphone dengan ukuran earpad besar, maka pilihlah model over-ear yang menutupi seluruh telinga. Untuk model on-ear, earpad hanya menutupi daun telinganya saja. Lalu in-ear adalah headphone berukuran kecil yang dimasukkan ke dalam telinga atau lebih mudahnya, disebut dengan earphone. Jika sudah terbayang model dan spesifikasinya, Anda dapat memperhitungkan semuanya dengan budget.

Lihat budget
Pernahkah Anda sudah memilih calon headphone, namun saat ke toko, tiba-tiba budgetnya tidak masuk? Supaya tidak terulang lagi, kini Anda dapat mencari harga headphone murah yang biasanya dijual di berbagai toko online. Toko online biasa menjual produk lebih murah daripada toko konvensional biasa. Jangan lupa, biasanya mereka suka menawarkan diskon atau promo untuk produk pilihan.

Kegunaan headphone
Tentukan jenis headphone apa yang sesuai dengan lagu-lagu yang sering Anda dengarkan. Misalnya Anda suka lagu metal dan hiphop. Nah untuk lagu-lagu tersebut, pilih headphone tipe warm (cenderung bass). Lalu bagaimana dengan penyuka rock dan music klasik? Pilih tipe headphone yang bright atau natural, jadi treble bassnya lebih seimbang. Tak hanya lagu, waktu penggunaanya juga dapat dijadikan pertimbangan. Apakah Anda orang yang aktif bekerja di luar rumah? Kalau ya, tandanya Anda butuh headphone yang bermodel closed supaya jauh dari kebisingan. Jika lebih banyak di dalam ruangan, pilih tipe headphone yang on-ear atau in-ear.

Dengan tips ini, Anda akan menemukan headphone yang tepat, sesuai kebutuhan dan budget. Selamat mencoba!

comments