BERBAGI

Waktu tak terasa telah banyak berlalu, semenjak pertamakali membuat blog ciungtips ini pada tahun 2010. Sudah banyak yang dilewati hingga menambah pahit manisnya ngeblog, mulai dari platform gratisan hingga pada akhirnya berani membeli domain TLD sendiri.

Berkah Ngeblog, Berawal dari titik nol.

Pada awalnya ”ciungtips” ini hanyalah keisengan saya pada saat browsing lalu coba-coba membuat blog di platform gratisan. Artikel awalpun hanya berisi curhatan atau malah puisi ke seorang gadis. Dan percayalah, saya dulu ngeblog hanya memakai ponsel java. Jangan bayangkan ponsel seperti sekarang yang memiliki layar besar serta jaringan 4G, dulu saya hanya memakai ponsel java dengan jaringan EDGE dan layar hanya 2,36 inci. Latar belakang pendidikan saya sangat jauh dari dunia digital, saya lulusan STM mesin yang selama sekolah tidak pernah belajar komputer secara mendalam. Pun begitu saat bekerja di pabrik, lingkungan saya tidak sekalipun bersinggungan dengan dunia internet.

Di fase awal ini saya tak pernah percaya jika ngeblog bisa menghasilkan uang, kecuali sekedar menulis dan menyalurkan hobi saya tak pernah berfikir jauh.

untitled-4

Rasa penasaran tentang dunia internet membuat saya sangat bersemangat untuk belajar lebih dalam lagi dan semakin rajin membaca tiap halaman tutorial tentang blogging. Dari situlah hingga pada akhirnya bertemu owner blog-blog senior dan menjalin pertemanan di facebook, mereka banyak memberi inspirasi saya untuk lebih serius menggeluti dunia blogging ini.

awal

Tampilan blog yang alakadarnya mulai saya benahi perlahan-lahan, mencoba mengerti kode-kode html yang sangat asing bagi saya sungguh tak mudah dan butuh waktu untuk belajar. Sedangkan Domain .com saya beranikan untuk membelinya di tahun 2012. Dahulu untuk membeli domain sungguh tidak mudah, setidaknya kala itu saya harus menggunakan paypal atau kartu kredit. Bagi blogger pemula hal itu sungguh tidak familiar, beruntung saat ini membeli domain sangat gampang dilakukan. Selayaknya jual beli online lain, kini beli domain tinggal pilih dan pembayaran bisa dengan transfer rekening.

Blogging bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari, hal yang paling utama adalah konsistensi.

Manfaat yang saya rasakan berkat memakai domain .com adalah beberapa kali blog ini mendapatkan tawaran kerjasama yang sangat membahagiakan. Beberapa brand nasional tercatat dalam postingan di blog ini. Pencapaian ini terasa sangat manis setelah sebelumnya saya memulai benar-benar dari titik nol.

Platform Gratisan Tidak benar-benar bisa bebas digunakan.
hapus

Alasan yang lain dalam beralih ke TLD karena saya khawatir, karena jujur saja semua blog yang menumpang di platform gratisan seperti blogger ataupun wordpress punya kemungkinan bisa dihapus sepihak oleh penyedia platform. Sudah banyak contoh kasus blog-blog Indonesia ataupun mancanegara yang dihapus oleh blogger, dari mulai blog biasa saja sampai blog yang sangat terkenal. Dengan alasan penghapusan beragam, blog yang tak melanggar apapun bisa saja terkena penghapusan.

Kasus yang paling di ingat dari penghapusan ini adalah “Linda Ikeji” seorang blogger terkemuka dari Nigeria. Blognya yang memiliki omset 300juta/bulan dan memiliki ribuan pengunjung raib begitu saja. Walaupun pada akhirnya dikembalikan, kini Linda Ikeji beralih ke TLD .com.

Dengan memiliki domain .com sendiri kita akan lebih mandiri, setidaknya jika memakai platform blogger dan dihapus, URL blog masih kita miliki dan brand yang kita bangun sejak lama dapat dilanjutkan kembali. Apalagi jika memakai wordpress self hosting kita tentu akan memiliki keleluasaan yang lebih dalam mengelola blog yang kita miliki.

Lebih Profesional Dengan TLD Dotcom dan Dotnet.

Kita tentu ingin yang terbaik bagi blog yang kita kelola, memilih domain sendiri sebagai langkah penting menuju blogger profesional adalah hal yang perlu kita ambil. Percayalah dengan menggunakan domain dotcom maupun dotnet kamu akan lebih termotivasi untuk terus mengembangkan blog kamu, setidaknya itulah yang saya rasakan sesaat setelah memutuskan menggunakan ekstensi domain dotcom.

Seiring waktu saat blog semakin dikenal luas, peluang untuk bekerjasama dengan brand atau perusahaan pun semakin terbuka lebar. Dengan menggunakan domain .com ataupun .net mereka akan memandang kita sebagai blogger yang profesional dan berdedikasi.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com ciungtips
lebih pede dengan domain .com

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Dotcom ataupun dotnet adalah TLD paling diminati dari keseluruhan domain, tidak heran jika top 500 perusahaan terkemuka di dunia pun menggunakan ekstensi .com sebagai domain utama mereka. Terlebih masyarakat kita sudah sangat familiar dengan kedua ekstensi ini, tertanam dalam benak bahwa website berkualitas itu selalu memakai dotcom ataupun dotnet.

keunggulan menggunakan domain .com dan .net

Domain TLD adalah Investasi

Bill Gates “Domains have and will continue to go up in value faster than any other commodity ever known to man”

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com di ciungtips.com
Membeli domain adalah investasi

Mungkin saat pertama kali memulai ngeblog kita tak pernah berfikir betapa pentingnya sebuah domain, tapi saat blog kita beranjak dikenal, memiliki domain TLD adalah sebuah keharusan. Membeli domain adalah investasi yang bahkan tak pernah kita sadari potensinya. Domain adalah nama yang sangat ekslusif, nama domain di seluruh dunia hanya ada 1 dan tidak akan mampu dibuat sama di setiap ekstensinya. Bayangkan jika “nama bisnis” kita sudah didahului didaftarkan oleh orang lain ? tentu akan sangat disesalkan.

Tidak akan ada ciungtips.com yang ke dua di dunia ini, karena domain bersifat ekslusif. Kecuali memakai ekstensi domain yang berbeda. Maka segera “Beli” domain dengan nama/brand/bisnis sebelum didahului orang lain / kompetitor.

mitos

Lalu dimana beli domain ?

banner-01

Saat ini membeli domain sangat mudah dan bahkan juga murah, untuk ekstensi .com dan .net harganya adalah 100 ribuan saja untuk satu tahun. Nah, beberapa hari yang lalu saya mencoba membeli domain di dotcomforme dan menurut saya ini adalah layanan terbaik yang pernah saya alami selama mendaftar domain.

Proses Order Domain di dotcomforme

beliDomain baru ini saya order untuk teman saya yang berniat jadi blogger supaya lebih semangat menulis. Beruntung sekali domain dengan nama dia masih tersedia.

dotcom3Dotcomforme adalah penyedia domain dan hosting terpercaya di indonesia. Proses mudah dan kita dilayani dengan cepat. Bagi blogger yang belum familiar dengan domain dan tidak paham setingnya tidak perlu khawatir karena dotcomforme memiliki costumer service yang sangat cepat dalam menanggapi pertanyaan konsumen.

mudahKesimpulan.

Ngeblog adalah aktifitas yang menyenangkan tidak hanya sekedar menyalurkan hobi menulis, kegiatan ini bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan. Walaupun tak melulu tentang uang, kita tentu sangat bahagia saat blog yang kita rawat bisa bermanfaat bagi para pembaca. Salah satu yang bisa lakukan bagi para pembaca agar merasa nyaman adalah tampilan yang enak dilihat juga URL yang gampang di ingat.

#DotComForBlogging selangkah lebih dekat menuju blogger profesional, dan dotcomforme membantu mewujudkan dambaan setiap blogger itu.

banner-02

sumber referensi : verisign, dotcomforme, sugeng.id & google

comments