BERBAGI

Jika kita membahas tentang printer Epson terbaru, ada baiknya menjabarkan satu demi satu mulai dari keunggulan dan spesifikasi printernya terlebih dahulu. Seperti diketahui, Epson sudah cukup lama melanglang buana di belantika permesin-cetakan Indonesia. Printer Epson banyak digunakan oleh kalangan menengah sebagai sarana mencetak dokumen penting. Tidak hanya itu, printer Epson pun digunakan di lingkungan kantor dan instansi untuk tujuan yang sama. Tidak heran jika Epson menjadi salah satu primadona printer di Indonesia karena kesannya yang merakyat, printer sejuta umat.

Printer Epson terbaru hadir dengan beberapa varian. Epson mengeluarkan seri L300 dengan keunggulan teknologi CISS (Continued Ink Supply System). Sistem ini berfungsi mempermudah pengisian tinta printer sehingga Anda tidak perlu repot membongkar printer. Anda tinggal mengisi ke dalam tabung yang memang sudah tersedia diluar dan dihubungkan dengan selang. Ini juga meminimalisir penggunaan catridge yang rawan kerusakan saat pengisian ulang dengan cara membuka body printer. Selain itu, keunggulan Epson ada pada keiritan penggunaan tintanya.

Ada Tiga Varian Printer EPSON Terbaru Yang Menjadi Andalan.

Sebagai produsen legendaris yang telah memiliki nama dalam dunia cetak mencetak, Epson baru-baru ini telah melaunching 3 seri terbarunya. Berikut adalah 3 seri terbaru Epson yang cukup handal dan bisa Anda jadikan pilihan.

1. Epson L310
Printer Epson terbaru seri ini khusus untuk keperluan printing saja. Dengan menggunakan metode inkjet, mampu mencetak hingga 100lembar A4 75gr dalam sekali cetak. Jika mencetak gambar di lembaran kertas, printer ini mampu menawarkan resolusi hingga 5760 x 1440. Untuk kecepatanya sendiri, L310 bisa mencetak dengan kecepatan hingga 15ppm, ini berlaku untuk kecepatan cetak hitam putih saja. Sedangkan untuk kecepatan cetak warna, printer ini mampu mencetak hingga 9.2 /4.4 ipm.

Bagi Anda yang ingin berbisnis jasa fotokopi, printer ini sangat bisa diandalkan. Printer L310 juga kompatibel dengan beberapa sistem operasi diantaranya Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows vista, dan Mac OS X. Untuk bobot printernya sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena printer ini cukup ringan, hanya seberat 2,8kg, dimana dimensinya pun tidak terlalu memakan tempat, dengan ukuran tinggi, lebar, panjang, masing-masing 130mm, 222mm, 482mm menjadi sangat nyaman untuk diletakan diatas meja kerja, baik untuk pemakaian pribadi atau bersama seperti di kantor.

Anda bisa mencetak kertas dengan ukuran A4, A5, A6, B5, Letter, Legal, Half Letter, dan Folio. Bicara soal harga, dengan spesifikasi yang cukup, harga printer Epson terbaru seri L310 ini dibandrol dengan Rp 1.810.000 saja, cukup terjangkau bagi mahasiswa atau pelaku usaha.

2. Epson L360
Printer Epson terbaru selanjutnya yang sama-sama dilahirkan dengan seri L300 adalah Epson L360. Seri ini sedikit lebih kompleks dan canggih dari adiknya L310. Printer ini sudah dibekali dengan kemampuan cetak/printing, scan, dan copy. Jadi hampir memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi primadona mesin cetak. Dengan metode cetak printer inkjet, ukuran kertas maksimal yang bisa dicetak adalah A4. Printer ini juga dapat mencetak dengan resolusi maksimal 5760 x 1440, sama seperti seri L310. Untuk kecepatan cetak sendiri, printer ini mampu mencetak dokumen hitam putih hingga 15ppm.

Sedangkan untuk kecepatan cetak warna bisa sampai 9.2/4.5 ipm. Jika Anda ingin mencetak foto, printer L360 ini mampu melakukanya dalam 27 detik boarderless. Disamping kemampuan cetak, printer Epson terbaru ini mampu melakukan copy dokumen hingga 5sec untuk black copy, sedangkan untuk color copy bisa hingga 10sec. Scanner pada mesin ini bukan sekedar hiasan, resolusinya bisa mencapai 600 x 1200 dpi, dengan dimensi scanner 216 x 297 mm.

Dengan bentuk yang hampir sama dengan printer di kelasnya, L360 memiliki dimensi tinggi, panjang, dan lebar 145mm, 300mm, 482mm, sebuah ukuran yang cukup untuk diletakan pada meja kantor dan tidak terlalu memakan tempat. Bicara soal harga, tentunya kita sepakat ada harga untuk sebuah kualitas dan teknologi. Printer Epson terbaru seri L360 ini dibanrdol dengan harga yang cukup terjangkau. Anda hanya cukup merogoh Rp 2.350.000 saja untuk mendapatkan paket teknologi yang bisa diandalkan.

3. Epson L365
Printer Epson terbaru seri L365 ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dari saudara kandungnya L360. Teknologinya sudah dilengkapi dengan kemampuan print, scan, dan copy. Dengan spesifikasi yang hampir sama dengan L360, ada sedikit perbedaan mendasar pada rancangan bangun seri L365 ini, yaitu pada resolusi scan nya. Meskipun sama-sama memliki lebar scanner 216 x 297, printer Epson terbaru seri 365 memiliki resolusi scanner 1200 x 2400. Selain itu, dalam hal konektivitas, printer seri ini sudah menggunakan wireless connector, tentu saja disamping USB port.

Dengan dimensi yang hampir sama seperti adik kandungnya L360, seri L365 cukup layak menjadi printer yang bisa diandalkan baik untuk penggunaan di rumah, maupun di kantor. Sistem operasi yang mendukung operasional printer ini adalah Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows vista, dan Mac OS X. Epson seri L365 memiliki berat 4.5kg, tidak terlalu berat untuk ukuran printer dengan seabrek teknologi. Bicara soal harga, tentu untuk seri kakak tertua ini memang yang paling tinggi dibandingkan saudara kandungnya. Anda perlu mengeluarkan sedikitnya Rp 2.900.000 saja untuk mendapatkan printer Epson terbaru seri L365 ini.

Secara umum, printer Epson terbaru memiliki keunggulan dan kekurangan juga, hampir sama dengan printer pada umumnya. Namun yang menjadi poin positif adalah keunggulanya dalam hal memberikan hasil cetakan berupa foto. Dengan menggunakan tabung yang berisi tinta, kapasitas mencetak menjadi lebih maksimal. Hal ini karena volume tinta tidak terbatasi oleh besaran tabung catridge. Seperti diketahui, beberapa jenis printer yang menggunakan catridge memiliki kekurangan, dimana tinta tiba-tiba habis pada saat mencetak dokumen penting, dan pada umumnya hal tersebut terjadi di tengah proses.

Dengan sistem CISS, ketersediaan tinta menjadi lebih banyak dan lebih leluasa menghasilkan gambar yang diharapkan. Tidak hanya printer Epson terbaru saja, namun sudah sejak lama Epson merancang desain bangun sedemikian rupa sehingga printheadnya terletak terpisah dengan catridge. Oleh karena itu, penggunaan sistem infus bisa menjadi lebih maksimal karena desain letaknya yang ergonomis jika disambungkan dengan selang tinta.

Jika melihat produk kompetitor yang masih menggunakan tanki catridge sebagai satu-satunya penyimpanan tinta, hanya soal waktu jika yang terjadi adalah kerusakan pada pita magnetik di bagian bawah catridge. Hal ini sering terjadi, dan yang menjadi masalah, ketersediaan spare part catridge di pasaran tidaklah semelimpah yang dibayangkan. Terkadang orang harus menunggu lama untuk mendapatkan catridge, atau jika barang sudah ada, harganya lumayan mahal.

Beberapa hal diatas adalah ulasan tentang spesifikasi printer Epson terbaru. Setidaknya masyarakat disediakan dengan pilihan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mencetak dokumen maupun foto. Dengan harga mulai dari Rp 1.800.000 hingga Rp 2.900.000, printer Epson terbaru sudah bisa diperoleh. Harga printer tersebut terbilang ekonomis jika dibandingkan dengan kompetitor yang mengeluarkan produk sejenis di kelas yang sama.

comments