BERBAGI
Cara Backup Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Pada 19 Juni 2015 kemarin, saya tidak bisa login ke akun blogspot. Akun disuspend karena ada 1 blogspot yang melanggar “hak cipta” dan mendapatkan peringatan DMCA. Padahal blogspot tersebut hanya “blog percobaan” dan tidak memiliki pengunjung, namun gara-gara blog tersebutlah akhirnya akun disuspend dan berefek ke seluruh blog di dalamnya termasuk ”ciungtips.com”. Sedih, kecewa dan juga menyesal kenapa blog abal-abal si biang keladi itu tidak saya “delete” jauh-jauh hari.

Bagi saya ciungtips.com penuh dengan kenangan dan tidak mudah untuk membiarkan nya saja terkunci tanpa bisa masuk untuk menerbitkan posting ataupun sekedar mengedit template. Ciungtips adalah blog pertama saya, awal menapaki hobi sebagai blogger dan sekaligus juga mencicipi manis nya penghasilan online.ciungtipslogo

Dengan tersuspend nya akun blogspot, saya tidak bisa mengambil backup postingan hal ini sungguh menyedihkan karena saya pikir tidak ada jalan untuk memindahkan blog ini. Mencoba menghubungi pihak blogspot, dengan menjelaskan dan mengiba supaya di ijinkan untuk mengambil backup rasanya sungguh percuma selain disuruh untuk menunggu dan menunggu hingga saya bosan sendiri. Sayapun beberapa kali membuat postingan di “Blogger Help Forum” tapi jawaban nya sama “menunggu untuk di periksa manual akan membutuhkan waktu yang relatif lama karena tidak banyak pemeriksa yang mengerti bahasa indonesia” . Sungguh aneh ya, jika mereka tidak mampu memprediksi waktu kapan akan dikembalikan atau malah akan di musnahkan seharusnya mereka mempersilahkan untuk mengambil backup.

Saking kesalnya hampir 4 bulan tidak kembali, saya putuskan untuk memindahkan domain ciungtips.com ke wordpress. Kebetulan beberapa waktu yang lalu sudah pernah membuat blog wordpress dengan vps dan panel webuzo. Untuk tahap pointing domain dari masterweb ke vps lancar, pun begitu saat menginstal domain nya relatif tidak ada masalah.

Karena tidak bisa mengambil backup di blogger, saya putuskan untuk ambil dari feed. kunjungi “http://ctrlq.org/blogger/” masukan url blog dan nanti ada resultĀ  “download” semua arsip dengan mantra yang tampil disana dan kira-kira seperti ini:

“http://www.urlkamu.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1501&max-results=500”

Taruh di IDM dan biarkan seluruh arsip terdownload. Hasil download adalah file dengan ekstensi .xml . Untungnya saya tidak menyeting pembacaan ”feed” ciungtips ke ”singkat” di blogspot sehingga artikel bisa terbaca penuh dan tidak terpotong.

Domain sudah di install di wordpress, backup sudah didapat lalu yang diperlukan adalah mengimpor semua postingan dan gambar ke dalam wordpress, nah disini saya sedikit kesulitan karena tutorial memindahkan blogspot ke wordpress yang saya baca saat gogling hampir seragam memakain plugin “blogger importer” tapi saat saya memakainya selalu eror dan tidak terpublish. Ada juga yang menyarankan mengubah .xml ke .wxr dengan mengunjungi ”http://blogger2wordpress-devel.appspot.com/” , namun juga tidak berhasil karena ukuran file .xml saya lumayan besar.

Cara Backup Blogspot dan Pindah ke WordPressPindah Blogpsot ke WordPress
Akhirnya saya memakai plugin “Blogger importer Extended” dari Yuri Farina . Dengan plugin ini kita harus mengupload backup di akun blogspot lain, dan meng-authorized plugin untuk memindahkan posting dan image ke wordpress. Proses ini relatif cepat, dan postingan sudah berhasil dipindah dengan sempurna.

blogspot to wordpressTidak lupa untuk mengubah permalink wp ke permalink khas blogger “/%year%/%monthnum%/%postname%.html“. Tetapi,walaupun sudah diseting permalink nya masih banyak posting yang eror 404 di “search console” hal ini disebabkan oleh ada beberapa posting yang memakai custom url saat di blogspot ataupun ada beberapa karakter huruf judul posting yang sudah berubah.

Akhirnya proses pindahan pun relatif lancar, hingga ciungtips.com pun secara resmi sudah berganti ke wordpress. Selamat tinggal blogspot.. Terimakasih selama ini sudah mengijinkan saya untuk ngeblog disana.. :)

comments