BERBAGI

Berbagai jenis pos kerja yang ada saat ini memang bisa dibilang sangatlah bervariatif bila dibandingkan jaman dahulu. Apabila kita sempat untuk melihat berbagai informasi di media mengenai adanya lowongan menjadi pekerja atau karyawan, mulai dari pekerjaan ringan hingga pekerjaan yang memiliki tanggung jawab besar dan berat, semuanya memang benar dan sangat-sangat dibutuhkan oleh pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu, kita sebagai pihak yang mungkin saat ini sedang membutuhkan pekerjaan agar bisa mendapatkan penghasilan, wajib memahami setiap pekerjaan yang ditawarkan agar nantinya kita bisa nyaman saat bekerja.

Pada jaman dimana pekerjaan sangat sulit dicari seperti ini, mungkin memang tidak dianjurkan untuk terlalu pilih-pilih terhadap jenis pekerjaan. Asalkan sesuai dalam hal penggajian dan juga tanggung jawab yang akan kita pikul, apapun jenis pekerjaan bisa kita pelajari sambil berjalannya waktu. Namun ketika kita bekerja pada sebuah tempat yang tidak sesuai dengan kemampuan, bisa hal ini akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman saat bekerja. Imbasnya tentu saja pada kinerja anda yang akan dinilai buruk, bahkan bisa menjadi catatan kurang bagus saat ternyata anda harus dikeluarkan dari pekerjaan tersebut. Berikut beberapa jenis pekerjaan dan juga kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankannya, sehingga bisa membuat anda memilih dengan tepat.

Pos teknologi informasi (it)
Pekerjaan jenis hampir dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang telah menggunakan sistem manajemen berbasis teknologi. Baik itu sebagai seorang operator, teknisi ataupun jabatan lain yang lebih mentereng, jenis pekerjaan selalu tak akan lepas dari adanya campur tangan teknologi di dalamnya. Kemampuan yang dibutuhkan tentu saja minimal anda harus menguasai sebuah teknologi tersebut. Baik itu berbasis komputer atau mungkin teknologi lain, namun bila anda telah bersertifikat menguasai sebuah teknologi tentu ini akan sangat cocok untuk anda.

Pos perbankan
Jumlah bank saat ini yang ada di Indonesia sudah tak bisa dihitung lagi dengan jari. Bahkan hampir di setiap pelosok daerah, pasti ada saja sebuah bank dengan tujuan menghimpun dana ataupun mendistribusikan dana yang dimiliki kepada nasabah. Mengingat pekerjaan ini terkait dengan uang, maka kemampuan yang sangat dibutuhkan antara lain:

•    Mengoperasikan teknologi perbankan,
•    Kemampuan komunikasi yang baik,
•    Penampilan yang menarik,
•    Kemampuan bidang ekonomi yang handal.

Pos akuntan
Jenis pekerjaan akuntan memang wajib ada dalam sebuah perusahaan, apalagi yang sudah berskala nasional maupun internasional. Fungsinya tentu saja bermacam-macam, mulai pengaturan keuangan hingga pada fiskal perusahaan. Mengingat pekerjaan ini akan terkait dengan angka dan juga berbagai peraturan terkait keuangan, maka kemampuan yang diperlukan adalah seseorang yang menguasai akuntansi dengan baik, memiliki skill atau ketrampilan dalam mengolah angka serta mampu memahami kebijakan keuangan dengan sempurna.

Pos kesehatan
Untuk jenis pekerjaan ini, setiap orang yang hendak melamarnya pasti dipersyaratkan memiliki sertifikat keahlian atau ketrampilan di bidang kesehatan. Ini karena kesehatan biasanya identik dengan resiko kesehatan atau nyawa seseorang, sehingga tidak bisa dipilih oleh orang yang sembarangan. Kemampuan yang harus dimiliki tentu saja haruslah di bidang kesehatan baik itu berupa kemampuan praktek maupun kemampuan teori yang bisa didapatkan melalui jenjang pendidikan tertentu.

Masih banyak pos-pos lain yang belum dibahas dalam tulisan ini, namun pada dasarnya adalah anda tidak perlu menipu diri sendiri tentang kemampuan yang anda miliki ketika melihat sebuah lapangan pekerjaan. Bila memang kemampuan anda bukan pada bidang tersebut, maka sebaiknya segera carilah informasi mengenai lowongan kerja terbaru lainnya yang banyak disediakan media.

comments