BERBAGI

Era Televise Cathode Ray Tube (CRT) alias TV tabung saat ini mulai digantikan oleh era TV yang memiliki layar tipis seperti jenis Liquid Crystal Display (LCD) dan Light Emitting Diode (LED). Bentuknya yang lebih ringan dan tipis bila dibandingkan dengan Tv tabung membuat TV LCD dan LED banyak diminati, dengan bentuk demikian membuat TV LCD/LED mudah ditempatkan di mana saja karena tidak menyita ruangan. Kualitas gambar yang ditampilkan juga lebih bagus

TV jenis ini membutuhkan perawatan yang baik agar awet mengingat harga TV LED/LCD ini masih tergolong cukup mahal. Berikut beberapa tips untuk perawatan TV LED/LCD

Baik TV LED mapun LCD lebih sensitive pada bagian layar. Guratan, sayatan, atau goresan pada layar bisa menyebabkan penurunan kualitas tayangan gambar. Oleh karena itu, sebaiknya anda berhati-hati saat mengangkat atau memindahkannya.

Tips Merawat TV LED/LCD

Perhatikan pula penempatan TV. Hindarkan TV LED dan LCD dari paparan sinar matahari langsung. Cara paling baik adalah meletakkan TV pada ruangan yang terlindung dari sinar matahari atau di dalam ruangan.

Debu adalah musuh utama TV LED dan LCD. Debu yang menempel akan membuat TV anda kotor. Selain itu, tumpukan debu dapat menutup lubang sirkulasi udara sehingga membuat TV menjadi lebih cepat panas. Debu juga dapat menyebabkan gangguan pada tampilan layar sehingga dapat menurunkan kualitas warna. Langkah yang paling baik adalah menjaga kebersihan ruangan dan peralatan elektronik. Jangan tunggu sampai debu menumpuk karena lama-lama debu juga bisa menyebabkan kerusakan elektrik. Untuk membersihkan dari debu, anda bisa menggunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih layar LCD atau LED. Hindari menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada layar. Jangan lupa, matikan seluruh kontak listrik sebelum membersihkan TV. Di samping membersihkan perangkat TV, anda juga perlu menjaga kebersihan ruangan.

Dalam menempatkan TV, ada beberapa hal yang menjadi perhatian. Anda perlu mengatur jarak antara televise dan dinding di belakangnya paling tidak sekitar 10 sentimeter. Dengan demikian, tersisa ruang udara sehingga televise tidak menjadi cepat panas. Berikan ruang antara perangkat audio dan TV. Demikian juga dengan benda-benda elektronik lain. Benda-benda elektronik yang terlalu dekat dengan TV bisa menyebabkan gangguan magnetic yang memengaruhi tampilan layar.
Sederhana tetapi sering dilupakan adalah tentang suhu dan kelembaban udara. Usahakan agar suhu dan kelembaban udara senantiasa stabil. Namun, penggunaan produk elektronik berlebihan dapat meningkatkan suhu udara. Terlebih di dalam ruangan banyak terdapat produk elektronik. Penggunaan pendingin ruangan bisa anda gunakan, tetapi tetap jagalah kebersiha dalam ruangan.

Dengan perawatan dengan baik, maka TV LED/LCD anda menjadi lebih awet dan tahan lama, sehingga anda bisa nyaman menonton acar favorit anda.
 
Semoga bermanfaat …

comments