Siapa dari anda yang melihat google doodle Pada hari ini tanggal 4 Maret 2013 ? . Mungkin sebagian diantara kita tidak banyak mengenal sosok yang dirayakan google ini, dialah Miriam Mekeba Legenda Musik dari Afrika Selatan. Sosok nya bahkan di sering disebut sebagai mama Afrika karena karir musik nya yang bersinar di tingkat dunia.

Wanita dengan nama lengkap Zenzile Miriam Makeba ini Lahir di Johannesburg,Afrika Selatan tanggal 4 Maret 1932. Beliau hidup dengan kesusahan di masa kecil nya di umur 6 tahun sudah menjadi seorang yatim dimana ayahnya meninggal untuk selama-lamanya. menyusul kemudian 2 tahun berikutnya sang ibu harus di tahan polisi karena kasus kriminal. dari berbagai cobaan itu tidak menjadikan bakatnya dalam bernyanyi pupus.

Awal mula melesatnya karier Makeba adalah pada 1950 saat ia ikut dalam grup jazz Afrika bernama Manhattan Brothers. Namun keberadaannya disana tak bertahan lama karena kemudian ia mendirikan grup sendiri bernama The Skylarks. Pada 1956, Makeba menelurkan satu single berjudul Pata-Pata yang akhirnya membawa namanya terkenal di seluruh negeri.

Setelah terkenal di seantero Afrika Selatan, Miriam Makeba memberanikan diri untuk mulai merintis karier di luar negeri. Ia kemudian hijrah ke London dan bertemu dengan Harry Belafonte, sosok yang membantu Makeba dalam mengembangkan kariernya hingga ke Amerika Serikat. Disana, mereka berdua sempat tampil di Madison Square Garden dalam acara ulang tahun Presiden USA saat itu, John F. Kennedy.

Pada 1963, Makeba merilis album keduanya yang berjudul, The World of Miriam Makeba. Tiga tahun berselang, ia dan Belafonte meraih penghargaan Grammy Award. Kemudian, Makeba semakin rajin menggarap lagu seperti The Click Song dan Malaika yang pada ujungnya menjadi hits yang terkenal di Negeri Paman Sam tersebut. Tahun 1967, Makeba pun mengenalkan lagu ciptaannya, Pata-Pata, ke USA dan mendapat respon yang sangat positif disana. Lagunya mendunia!

Miriam Makeba meninggal karena serangan jantung saat ia tapil pada Konser untuk memberi dukungan pada Roberto Soviano di Italia. Setelah menyanyikan lagu Pata-Pata, Makeba terkena serangan jantung. Meski sempat dibawa ke klinik, namun Tuhan telah berkehendak untuk memanggil Makeba pulang.ayang, perjalanan hidup Makeba harus berakhir pada 2008 silam.

doodle 4 maret 2013
Miriam Makeba at google doodle 4.3.2013

Karir yang cemerlang di sepanjang hidup nya menjadikan Miriam Makeba sebagai sosok yang di idolakan, tidak heran jika akhirnya beliau mendapatkan julukan “Mama Africa” berkat prestasinya mengangkat nama Afrika lewat lagu-lagu indah yang diiringi suara emasnya.

Facebook Comments