Tips Sahur yang Sehat.

Puasa Ramadhan sebentar lagi menyapa kita sob, yuk’ siapin diri supaya kita lancar menjalaninya,Kali ini silakan simak Tips dalam bersahur. Jangan malas bangun sahur karena ini penting untuk menjaga stamina tubuh. Tapi sahur seperti apa yang membuat tubuh lebih kuat?

Berikut dr Hendrawan Nadesul dikutip dari Detikhealth.

1. Saat sahur
hindari makanan yang manis-manis atau hanya minum air teh manis sangat tidak dianjurkan.

“Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas,”

Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Untuk menjaga pencernaan yang bagus sebaiknya makan tidak buru-buru. Begitu juga dengan sahur sebaiknya dilakukan 1 jam sebelum waktu imsak.

“Usahakan sahur dengan karbohidrat yang cukup karena karbohidrat mampu bertahan dalam tubuh hingga 5 jam setelah dikonsumsi,”.

2. Bersahur dengan Karbohidrat dan Sayur yang cukup.
Selain karbohidrat seperti nasi dan kentang, sayur juga jangan diabaikan ketika sahur karena makanan berserat menahan insulin agar tidak cepat keluar.

3. Cukup minum air putih.
Agar kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terganggu. Sedangkan minum kopi ketika sahur sebaiknya dihindari karena kopi seperti juga soft drinks adalah diuretic yang bukannya memberikan air untuk tubuh tapi malah menghabiskannya. Ini karena pemrosesan gula tingkat tinggi memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh.

4. Hindari makanan-makanan yang pedas,bergas atau asam. Untuk menghindari rasa perut begah ketika sedang menjalankan puasa sepanjang hari. Perut begah ketika puasa akan terjadi pada 2 hari awal puasa setelah itu perut akan mulai terbiasa.

“Kecuali untuk orang yang sudah memiliki riwayat sakit lambung,tentu begah yang tidak hilang-hilang harus segera dikonsultasikan ke dokter,”.

Tips Bersahur semoga membantu sobat dalam berpuasa, dan lancar menjalaninya.

(Dari: detikhealth)

Facebook Comments