BERBAGI

Nah posting kali ini membahas ”Hoax” eits apa itu, kita sering mendengar istilah Hoax bukan,terutama jika kita berada di ranah internet, ini ada artikel yang mungkin bisa sedikit menjelaskan apa sih Hoax, lest check it out….

Beberapa orang masih bingung membedakan antara spam dan hoax.Gampangnya,spam adalah email yang berisi iklan suatu produk/website tertentu dimanakita tidak menginginkan menerima email tersebut, keterangan lengkap bisadilihat di wikipedia. Sementara itu, hoax adalah berita bohong atau beritapalsu.

Hoax adalah suatu kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu yang biasanya digunakan dalam forum internet.

Tapi kebanyakan netter yang banyak menggunakan kata hoax justru tak tau bagaimana sejarah penggunaan kata hoax sendiri,Kata hoax sebenarnya muncul pertama kali di kalangan netter Amerika,kata hoax didasarkan pada sebuah judul film yang berjudul The Hoax,The Hoax adalah sebuah film drama Amerika 2006 yang disutradarai oleh Lasse Hallström. yang diskenario oleh William Wheeler, film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama oleh Clifford Irving dan berfokus pada biografi irving sendiri,serta Howard Hughes yang dianggap membantu menulis. Banyak kejadian yang diuraikan Irving dalam bukunya yang diubah atau dihilangkan dari film, dan penulis kemudian berkata, “saya dipekerjakan oleh produser sebagai penasihat teknis film, tapi setelah membaca naskah terakhir saya meminta agar nama saya dihapus dari kredit film.itu mungkin disebabkan karena plot naskah tak sesuai dengan novel aslinya, ”

Sejak itu, film hoax dianggap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan,sehingga kemudian banyak kalangan terutama para netter yang menggunakan istilah hoax untuk menggambarkan suatu kebohongan, lambat laun, penggunaan kata hoax di kalangan netter makin gencar. Bahkan kabarnya kata hoax digunakan oleh netter di hampir seluruh belahan dunia termasuk Indonesia

Cukup jelas kan sobat? Sudah gag penasaran lagi kan dengan si hoax ini hehe… Semoga artikel nya mencerahkanmu

comments