BERBAGI

Buah dan Sayur yang Cocok untuk Buka Puasa

Saat puasa, usus akan mengecil karena tak ada makanan yang masuk. Makanan pertama yang sobat konsumsi saat berbuka sangat penting untuk menyegarkan tubuh kembali, misalnya buah dan sayur yang mudah dicerna usus.

Buah dan sayur apa saja yang cocok untuk berbuka puasa?

Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan cukup energi sehingga harus menghancurkan lemak dan otot rangka untuk diubah menjadi energi. Makanan yang Anda makan saat berbuka puasa sebaiknya bukan makanan yang sulit dicerna, karena usus akan mengecil selama Anda berpuasa. Ruang dalam usus akan semakin mengecil karena tidak ada makanan yang melaluinya, sehingga dibutuhkan makanan yang mudah dicerna dan membutuhkan sedikit energi asimilasi (untuk mengubah makanan menjadi tenaga).

Jus buah segar atau buah-buahan adalah makanan mengandung banyak air dan mudah dicerna dengan sedikit asimilasi, Semangka, anggur dan apel adalah buah-buahan yang dapat dengan mudah dicerna dan diasimilasi dan juga memberikan nutrisi dan energi. Berbuka puasa sangat cocok dengan minum secangkir jus buah segar, diikuti oleh 2 cangkir campuran buah yang terdiri dari melon, anggur, apel dan pir.

Hindari buah jeruk dan nanas pada awal berbuka puasa, karena mungkin terlalu asam dalam perut dan bisa berbahaya bagi penderita maag atau asam lambung tinggi.

Sedangkan sayuran adalah sumber vitamin, mineral, fitonutrien dan zat lainnya. Jus sayuran organik sangat ideal setelah berpuasa. Pilih sayuran organik karena bebas pestisida, herbisida, hormon,antibiotik dan bahan kimia berbahaya lainnya. Sayuran organik secara alami juga lebih tinggi kandungan antioksidan.

Banyak para pakar gizi merekomendasikan kalau jus buah sangat baik untuk penyerapan protein, karbohidrat dan asam lemak esensial sekaligus vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh secara cepat. Selain itu Jus buah mengandung atioksidan tinggi seperti karoten,yang terdapat pada jus sayur mayur yang berwarna hijau,merah,ungu dan kuning yang semuanya itu dapat menetral kan kanker yang disebabkan radikal bebas dan bisa memperpanjang harapan hidup manusia.

Blewah dan timun suri kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah. Dua buah ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional,sementara blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian,seperti pasar,sekolah, warung, dan sebagainya. Harga satu buah blewah ataupun timun suri pun tidak terlalu mahal, mulai dari harga Rp 3.000, sensasi segarnya bisa kita nikmati.

Nah barangkali dengan menambahkan Jus buah kedalam daftar menu buka puasa dan sahur agar ibadah puasa ramadhan keluarga berjalan dengan mudah dan lancar.

comments