BERBAGI

Test Buta Warna sekarang menjadi salah satu point penting dalam proses rekruitmen karyawan maupun pelajar di beberapa jurusan perkuliahan. Nah apakah kamu Buta warna??? Pertanyaan ini mungkin bisa di jawab oleh artikel ini silahkan sobat simak …

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis. Buta warna juga disebabkan karena faktor genetis dari orang tua yang salah satu atau mungkin keduanya menderita buta warna juga. Apakah warna yang dilihat hanya hitam putih saja?

Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa “Dunia” penderita Buta Warna itu hanya ada dua warna membosankan, yaitu hitam dah putih. Namun ternyata salah besar, karena ternyata penderita Buta warna berbeda jenisnya. Ada juga kok penderita buta warna yang bisa melihat warna diluar hitam putih. Untuk tahu lebih lanjut simak pembahasan di bawah ini.

Jenis Buta Warna
*1. Trikromasi Yaitu mata mengalami perubahan tingkat sensitivitas warna dari satu atau lebih sel kerucut pada retina. Jenis buta warna inilah yang sering dialami oleh orang-orang.
Ada tiga klasifikasi turunan pada trikomasi :
1. Protanomali, seorang buta warna lemah mengenal merah
2. Deuteromali, warna hijau akan sulit dikenali oleh penderita
3. Trinomali (low blue), kondisi di mana warna biru sulit dikenali penderita.

*2. Dikromasi Yaitu keadaan ketika satu dari tiga sel kerucut tidak ada.
Ada tiga klasifikasi turunan :
1. Protanopia, sel kerucut warna merah tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang
2. Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau
3. Tritanopia, sel kerucut warna biru tidak ditemukan.

*3. Monokromasi Monokromasi sebenarnya sering dianggap sebagai buta warna oleh orang umum. Kondisi ini ditandai dengan retina mata mengalami kerusakan total dalam merespon warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina.

Penyebab Buta Warna Buta warna adalah kondisi yang diturunkan secara genetik. Dibawa oleh kromosom X pada perempuan, buta warna diturunkan kepada anak-anaknya. Ketika seseorang mengalami buta warna, mata mereka tidak mampu menghasilkan keseluruhan pigmen yang dibutuhkan untuk mata berfungsi dengan normal.

Apakah Anda Buta Warna? Ikuti Test di bawah ini :

Soal 1
Carilah sebuah kotak, lingkaran dan bintang pada kartu dibawah ini :

Soal 2
Dalam tiga detik, temukan sebuah lingkaran, persegi atau sebuah bintang dari gambar berikut. Soal

3 Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini. Lalu coba cari gambar salah satu benda yang ada di gambar atas pada gambar yang ada dibawahnya.


Ini Jawabannya :
Jawaban 1 : Semua orang dapat melihat gambar persegi, bintang dan lingkaran.
Jawaban 2 : Orang dengan buta warna hanya bisa melihat gambar persegi.
Jawaban 3 : Orang dengan buta warna tidak akan melihat gambar apa-apa.

Semoga membantu sobat, artikel ini di cuplik dari ustadchandra.wordpress.com

BERBAGI
Artikel sebelumyaRamadhan Sebentar Lagi...
Artikel berikutnyaDaftar Pemenang AMI Awards 2011
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.

comments