Siapakah Khadafy?? Untuk penulisan nama nya saja pemimpin satu ini memiliki banyak versi yaitu : khadafy,gaddafi,qattafi,dll

Muammar Abu Minyar al-Qaddafi (lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942, umur 69 tahun) Gaddafi (bahasa Arab: Mu`ammar al Qadhdhāfī) , adalah pemimpin Libya sejak 1969. Dia menjadi Pemimpin Lybia setelah melakukan Kudeta tanpa kekerasan Terhadap Raja Idris. Jabatan yang disandangnya bukan merupakan jabatan resmi, tetapi ia menyandang “Guide of the First of September Great Revolution of the Socialist People’s Libyan Arab Jamahiriya” atau “Brotherly Leader and Guide of the Revolution”.

Khadafi adalah anak termuda dari sebuah keluarga miskin Badawi (Bedouin/baduy) yang nomadik di daerah gurun pasir di Sirte. Dia diberikan pendidikan SD tradisional yang religius dan bersekolah di SMU Sebha di Fezzan dari 1956 hingga 1961. Khadafi dan sekelompok kecil teman-temannya yang dia temui di sekolah ini kemudian membentuk kepemimpinan utama dari sebuah kelompok revolusiner militan yang kelak merebut kekuasaan negara Libya.

Inspirasi bagi Khadafi untuk melakukan Kudeta di tahun 1969 adalah Gamal Abdul Nasser, seorang negarawan yang populer di Mesir,yang naik ke takhta kepresidenan dengan meminta persatuan Arab dan menghujat Barat.

Dia kuliah di Universitas Libya, di mana dia lulus dengan nilai yang sangat baik. Dia lalu bergabung dengan Akademi Militer di Benghazi pada 1963, di mana dia dan beberapa rekan militannya membentuk sebuah kelompok rahasia yang bertujuan menjatuhkan monarki Libya yang pro-Barat. Setelah lulus pada 1965, dia dikirim ke Britania untuk latihan lanjutan, dan kembali pada 1966 sebagai seorang opsir dalam Korps Sinyal.

Khadafi mempunyai delapan anak, tujuh di antaranya lelaki. Khadafi mempunyai kekayaan yang melimpah, uang simpanan serta rumah mewahnya tersebar di sejumlah negara eropa, dia pun punya saham sebesar 7,5% di klub sepak bola Italia, Juventus.

Sebenarnya Jika dilihat dari pendapatan per kapitanya, Libya adalah negara terkaya di Afrika. Menurut statistik, setiap penduduk yang berjumlah total hampir 6,4 juta, memiliki pendapatan setidaknya 11.000 US Dollar. Namun kenyataannya tidaklah secerah itu. Di Libya, kesenjangan yang signifikan antara yang kaya dan miskin terlihat sejak bertahun-tahun lalu. Seperti negara tetangganya, Mesir dan Tunisia, Libya memiliki populasi yang sangat muda. Tiga perempat dari penduduknya berusia lebih muda dari 30 tahun. Meskipun memiliki pendapatan yang tinggi dari penjualan minyak dan gas, namun dalam beberapa tahun terakhir negara di Afrika Utara ini telah gagal dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup. Tingkat pengangguran di kalangan muda secara tidak resmi mencapai 20 sampai 25 persen.Hampir tidak ada tempat kerja selain pada dinas pemerintah yang tidak produktif.Sebagian besar pemasukan dari minyak bumi telah dihamburkan bagi proyek-proyek mercusuar, pembelian senjata dan pembayaran kepada yang disebut teman-teman dan aliansi.

Sekarang Negara di Utara Afrika ini sedang bergolak menentukan masa depan nya sendiri, akankah Lybia sukses menumbangkan Khadafy seperti mesir menumbangkan Mubarak ataupun Tunisia terhadap Ben Ali,?? Rakyat Libya menghadapi perjuangan yang belum usai kita doa’kan saja agar semua berlangsung damai tanpa ada korban jiwa dan darah yang tertumpah lagi.

Sumber:
wikipedia, Muammar al Qaddafi
Dw-world.de
Qattara.de

Facebook Comments