BERBAGI

Dalam menjalani hidup ini kita tentu akan berhadapan dengan satu episode dimana kita akan memasuki ‘lingkungan baru’.Saat-saat kita misalkan masuk sekolah untuk pertama kali,bekerja, maupun masuk dalam suatu masyarakat yang baru.
Menjadi ‘orang asing’ alias pendatang di komunitas tertentu memang tak selamanya menyenangkan.Mungkin tidak ada masalah bila kebetulan lingkungan yang kita datangi itu berisi orang-orang yang tak jauh berbeda dalam adat dan kebiasaannya dengan kita, maka tak
perlu banyak penyesuaian yang kita
lakukan, cukup memperkenalkan diri
kemudian bisa langsung turut membaur. Namun bila orang-orang lama yang kita temui di lingkungan tersebut berbeda 180 derajat dengan kita, bagaimana sikap kita agar dengan mudah segera diterima?

Bersosialisasi dan ber adaptasi dengan cepat harus kita lakukan,karena Kita akan merasa nyaman jika kita hidup dan berbaur di ‘suasana’ yang kita senangi bukan?.Dan tidak akan mau jika kita terjebak menjalani ”hari-hari kosong” yang berat setiap hari gara-gara suasana ‘kering’ apalagi ini jika sobat akan di jalani dalam jangka waktu lama seperti misal dalam menjalani kuliah di kampus baru.

Mungkin sedikit tips ini dapat Sobat coba ketika masuk ke lingkungan baru,.

1. Menata Persepsi.
Artinya sobat membuka persepsi terhadap lingkungan baru,Ambil beberapa informasi agar tidak terjebak pada persepsi yang salah.Sehingga di dapat persepsi yang benar tentang keadaan lingkungan kita.

2. Membuka perkenalan lebih dahulu.
Sebagai pendatang, rasanya tak perlu gengsi untuk mengulurkan tangan terlebih dahulu pada mereka-mereka yang kebetulan telah ada di lingkungan itu. Cukup sebutkan nama sobat sambil tunjukkan senyum ramah, tak perlu menceritakan hal-hal lain yang kurang
perlu, apalagi hal itu bersifat pribadi.
Di awal perkenalan, biasanya orang cukup
mengenal siapa kamu lewat nama.

3. Mencoba mengikuti ‘alur’.
Setiap orang memang memiliki ciri khas,
entah itu dari gaya berpakaian, tatanan
rambut, gesture tubuhnya, atau mungkin dialek bahasanya yang tak dapat dihilangkan. Tapi, bila sobat masuk di lingkungan baru, baiknya coba meredam sedikit ke-khas-an sobat tersebut dan menyesuaikan dengan kebiasaan lingkungan tersebut.Bukan untuk merubah cirikhas,tapi mengikuti kebiasaan lingkungan,akan membuat mu lebih mudah diterima.

4. Mau melibatkan diri (aktif).
Diam dan pasif, alamat kurang tepat bagi
‘orang baru’, cobalah libatkan diri Sobat dalam kegiatan yang ada di lingkungan,
sekedar membantu, mensupport atau setidaknya tunjukkan diri sobat saat acara-acara mereka. Jangan menunggu ajakan sampai beberapa kali,karena jika tak segera menyambut ajakan itu, salah-salah stempel sombonglah yang justru akan melekat pada diri mu, dan semakin sulitlah memasuki lingkungan baru.

5. Low Profile.

Jangan terlalu mencolok,sehingga menimbulkan kesan berlebihan dalam bersikap.

Selamat mencoba, semoga sobat dapat
menjadi teman baru yang mudah diterima dan membaur dengan lingkungan baru….
Sehingga harimu di lewati dengan ringan…
Terimakasih..

comments