BERBAGI


Manfaat Puasa bagi Kesehatan.

Puasa Ramadhan itu akan membersihkan rohani kita sob,Berpuasa menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang,pemurah, berkata benar, ikhlas, disiplin,terthindar dari sifat tamak juga rakus.

Maka Beruntunglah mereka yang dapat Berpuasa selama bulan Ramadhan, karena Hikmah Puasa itu bukan saja membersihkan Rohani tetapi juga akan membersihkan Jasmani manusia itu sendiri, puasa sebagai alat penyembuh yang baik. Semua alat pada tubuh kita senantiasa digunakan, boleh dikatakan alat-alat itu tidak berehat selama 24 jam. Alhamdulillah dengan berpuasa kita dapat istirahatkan alat pencernaan kita lebih kurang selama 12 jam setiap harinya. Oleh karena itu dengan berpuasa, organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih teratur dan berkesan.

Pengaruh mekanisme puasa terhadap kesehatan jasmani meliputi berbagai aspek kesehatan, diantaranya yaitu :

1. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan.
Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras,oleh karena itu Dengan puasa,oxigenisasi tak berkutat di perut tapi kepala. Karena oxigenisasi banyak di perut.
2. Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi).
Saat berpuasa, tubuh di detoks (membersihkan tubuh dari racun dan kotoran). Saat puasa seluruh cadangan makanan yang ada di tubuh dibakar.
3. Menambah jumlah sel darah putih.
Sel darah putih berfungsi untuk menangkal serangan penyakit sehingga dengan penambahan sel darah putih secara otomatis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
4. Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh
5. Memperbaiki fungsi hormone
6. Meremajakan sel-sel tubuh. Hati, lambung dan organ vital istirahat pada saat puasa sehingga terjadi regenerasi dari organ dalam dan sel-sel memiliki kesempatan memperbaiki diri (peremajaan sel).
7. Meningkatkan fungsi organ tubuh
8. Menyeimbangkan saraf simpatis dan parasimpatis.
9. Mengurangi risiko stroke.
Puasa dapat memperbaiki kolestrol darah yang dapat menyumbat pembuluh darah dalam bentuk atekosklorosis (pengapuran dan pengerasan pembuluh darah).

Banyak Hikmah yang terkandung dalam bulan Ramadhan ini sob, Mari kita Niatkan dalam hati ‘Menjalankan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai Keridhaan ALLAH’ AMIEN.

comments