Tips Sukses Buat sobat yang ingin ikut SNMPTN, berikut ada sedikit tips praktis tentang persiapan menjelang SNMPTN.
Sebenarnya tidak perlu takut untuk ikutan SNMPTN, yang penting kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi SNMPTN dengan seksama.

1 : Jika mau ikut SNMPTN, Diniatkan yang mantap, jangan setengah hati.
Mantapkan tujuan kita akan masuk kemana,.
Pertimbangkan pula keadaan ekonomi orang tua, cita-cita, harapan orang tua, serta peluang kerjanya setelah lulus nanti.

2 : Kalau bisa ikutlah bimbingan belajar alias bimbel,.
Tapi kalau tidak bisa, usahakan untuk mencari referensi lain di luar bimbel, jangan malu minta petunjuk sama kakak kelas yang sudah kuliah.

3 : Untuk mengukur sejauh mana persiapan dan kemampuan kita, ikut try-out SNMPTN, pasti banyak tempat atau instansi di kotamu yang mengadakan try-out SNMPTN.
Jangan ragu untuk ikutan.
Begitu keluar nilai try-out kamu segera cocokkan sendiri dengan passing grade jurusan dan PTN yang akan kamu tuju.
Jika nilainya cukup pilih saja, tapi jika nggak cukup pilih alternatif lain, misalnya pilih jurusan atau PTN dengan nilai passing grade yang lebih rendah.
Untuk bisa mengetahui nilai passing grade jurusan di PTN, bisa dilihat di bimbel atau tanya saja sama teman yang ikut bimbel.
Jangan segan untuk konsultasi ke pengajar bimbel ataupun ke kakak kelas yang pernah lulus UMPTN atau SPMB.

4 : Jangan lupa untuk selalu meminta petunjuk serta pertolongan dari allah, karena hanya allah yang akan menentukan segalanya.

5 : Hati-hati dengan masalah teknis pengisian formulir pendaftaran.
Pengisian formulir harus tepat dan hati-hati.
Tidak boleh kotor, basah, terlipat atau lecek. Karena formulir UMPTN akan dibaca oleh komputer sehingga hal-hal tsb sangat berpengaruh

6 : Jangan lupa untuk survei tempat SNMPTN minimal 2 hari sebelum SNMPTN.
Ambil resiko terburuk yaitu mendapatkan meja atau tempat duduk yang kurang memadai.
Jadi, siapkan semaksimal mungkin.
Dan pada malam hari sebelum SNMPTN jangan terlalu banyak belajar ataupun kegiatan berat lainnya, tapi istirahat untuk menenangkan pikiran, agar besoknya bisa segar.

Siapkan “senjata-senjata” berikut :
Minimal 4 mata pensil 2 b yang siap pakai,
bisa dengan menyerut 2 ujung pensil 2 b, penghapus yang bersih, penggaris, klip/penjepit kertas minimal 5 buah, pulpen, tissue/saputangan, alas, jam yang tepat, air minum.
Kartu ujian-nya JANGAN SAMPAI lupa…
Kalau bisa datang jangan terlalu kepagian atau terlambat. Kalau kepagian kita bisa bosan menunggu lama, kalau telat kita juga nggak tenang ngerjain soal.
Waktu optimalnya kira-kira 15 menit sebelum masuk.
Yakinlah bahwa kamu telah mengisi form nama, nomor ujian dan kode soal dengan benar.
Jangan lupa periksa berulang- ulang.

Untuk mengerjakan soal-soal hitungan, pertama bukalah klip pada naskah soal, kemudian pisahkan satu-satu per mata pelajaran, jepit dengan klip/penjepit kertas yang telah kamu siapkan, nah, misalnya untuk mengerjakan soal fisika, dapat menghitung/mencoret-coret pada belakang naskah soal pelajaran lainnya.
Lebih mudah khan??
Kerjakanlah soal yang kamu anggap paling mudah terlebih dahulu baru meningkat ke yang sedang kemudian yang sulit, sisakan waktu minimal 15 menit untuk memindahkan ke lembar jawaban.
Manfaatkan waktu-waktu “injury time” untuk mengecek terakhir kebenaran form nama, nomor dll serta jawaban pada lembar jawaban komputer.

Jangan terburu-buru tapi juga jangan membuang waktu. Hindari pekerjaan yang membuang waktu misalnya menyerut pensil, dsb. Rugi….

Hindari ajakan teman untuk membahas soal atau mengungkit-ungkit tentang SNMPTN, karena akan sangat mengganggu “jiwa” kita.
Kecuali kalau sudah “kebal” sih nggak apa-apa. Kalau ketemu teman cukup dengan obrolan yang ringan saja.
Hal-hal yang tak kalah penting dalam pemilihan jurusan. Sebelum memilih jurusan, ada baiknya cari informasi terlebih dahulu agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.
Tanya-tanya sama kakak kelas atau teman, bagaimana kuliahnya, dosennya, fasilitasnya, pergaulannya, ospeknya, biaya kuliahnya, praktikumnya, dll.

Semoga berhasil sob….

Facebook Comments