Tips Kesehatan,Tips meningkatkan daya ingat Otak.
Sobat merasa akhir – akhir ini sulit mengingat ?
Cukup menjengkelkan bukan,pada saat kita melupakan hal-hal yang penting dan tidak mampu untuk mengingatnya lagi.
Otak sesungguhnya membutuhkan latihan-latihan dan asupan-asupan nutrisi untuk tetap mampu bekerja dengan baik.
Berikut tips yang dapat sobat aplikasikan… Silakan di review.

1. Kedelai
Menurut Prof. Sandra File dari Guy’s Hospital, London, kedelai mengandung isoflavones yang dapat bertindak sebagai reseptor estrogen dalam otak manusia, terutama dalam hippocampus sebagai area penting untuk memori sehingga bentuk hubungan saraf baru lebih siap.

2. Zat besi
Penelitian di Kings College, London dan Universitas Rochester New York menunjukkan bahwa penurunan konsumsi zat besi dapat memiliki dampak detrimental pada tingkat IQ dan fungsi kognitif karena zat besi memainkan peranan penting dalam merubah signal dalam otak.

3. Kopi
Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi.
Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

4. Latihan Mental
Penelitian menunjukkan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus cenderung memiliki berbagai keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental.
Latihan mental dapat menggunakan teknik seperti puzzle, tekateki dan minat pada bidang sosial dan budaya.

5. Latihan fisik
Setengah jam melakukan latihan fisik sebanyak tiga kali dalam seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak.
Olah raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.
6. Ginkgo biloba
Ginkgo biloba digunakan sebagai obat penguat daya ingat selama beriburibu tahun yang lalu.
Menurut Dr. George Lewith ginkgo dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan suplai oksigen.

7. Minyak ikan
Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.

8. Rosemary dan sage
Minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memori, memperkuat kejernihan dan kesadaran dan membantu menyembuhkan kecapaian mental.

9. Vitamin B
Vitamin B berfungsi mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan bebas.
Vitamin B mempertajam dan meningkatkan daya ingat.
Niacin atau B3 sangat baik untuk memperkuat otak, sementara B6 penting untuk memproduksi neurotransmitter terutama untuk meningkatkan mood.
B12 baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan.
Vitamain B juga dibutuhkan untuk membantu tubuh membentuk acetylcholine, suatu bahan kimia otak yang dibutuhkan untuk daya ingat

10. Hapal Al Qur’an
Seseorang yang sering membaca Al Qur’an dengan benar dan bahkan sampai hapal, maka otak akan berusaha menyimpan di alam bawah sadar dan akan tetap bersinar sampai usia tua.
Jadi bagi Anda yang sering mulai lupa atau menurun daya ingat maka dapat ditebak bahwa Anda jarang baca Al Quran.
Untuk itu coba Anda mulai hari ini setiap hari ditarget untuk membaca 5-8 halaman dan setelah itu katam dan hapalkan ayat demi ayat setiap hari. Sekarang Anda perlu bukti ”kita baca surat Al Fatihah dengan cepat < 1 detik. Tapi pelajaran ilmu dunia satu bait saja sekarang sudah lupa.'' Demikian sob silakan di coba…. Sumber:banimaksoem.wordpress.com/

Facebook Comments