BERBAGI


Artikel Motivasi, SUSI PUDJIASTUTI Pengusaha ikan dari PANGANDARAN.Berikut adalah perjuangan beliau menata kesuksesan.

Sosok Susi Pudjiastuti sudah sangat dikenal sebagai seorang pengusaha kaya dan ternama di Indonesia.
Tapi, siapa yang menyangka bahwa dia termasuk anak yang putus sekolah?
Namun Susi putus sekolah bukan karena malas belajar tetapi pada waktu itu dia sakit dan orang tuanya menyuruh pulang ke Pangandaran kabupaten CIAMIS.
Saat itu juga dia memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah lagi.

Langkahnya di mulai pada tahun 1983 hanya berbekal Rp 750.000 , Susi mengikuti jejak perempuan di Pangandaran sebagai bakul ikan.
Setiap hari Susi harus menaksir cepat berapa harga jual ikan-ikan di keranjang yang sedang ditawarkan juru lelang, memperkirakan kepada siapa ikan-ikan itu akan dijual, dan dengan cepat memutuskan untuk membeli ikan-ikan yang dilelang itu.
Pekerjaan ini tentu bukan hal yang mudah dan hari pertama dia hanya berhasil mendapatkan 1 Kilogram saja dan begitulah seterusnya dilakukan oleh Susi, dan tak jarang pula dia mengalami kerugian.
Bagi Susi semua itu adalah dinamika kehidupan.
Dalam waktu satu tahun dia berhasil menguasai pasar Pangandaran dan mulai mengusahakan perahu untuk disewa nelayan dan hasilnya dia beli sesuai dengan harga pasar.

Saat ini Susi sudah memiliki ratusan perahu yang disewa kepada nelayan.
Produksi ikan nelayan Pangandaran sangat melimpah, hal ini disebabkan karena di daerah tersebut ada bisnis pariwisata. Setelah itu Susi pun mulai membuka pasar di luar Pangandaran seperti Jakarta. Usaha yang ditekuni oleh Susi sangat cepat berkembang dan dia dijuluki dengan ‘Susi Kodok’.
Susi sukses menjadi pemasok ikan dan mendirikan pabrik pengolahan ikan yang produknya berhasil menembus pasaran Jepang.
Di pasar ikan Tsukiji yang terletak di pinggiran Tokyo ada beragam produk ikan dalam dus kotak berlabel Susi Brand dari PT ASI Pudjiastuti Marine Product – Pangandaran, Indonesia.

Bahkan saat ini beliau juga mempunyai divisi bisnis yang lain yakni maskapai penerbangan dengan brand ” SUSI AIR ”.Dengan jumlah armada pesawat yang terus bertambah.Hingga saat ini beliau memiliki 50 pesawat dengan berbagai tipe.

Untuk mendapatkan kesuksesan menurut Susi bukan hal yang mudah, tetapi harus dimulai dari rasa suka atau hobi terhadap bidang yang ditekuni tersebut. Usaha yang sedang dijalankanya ini tidak pasti yaitu kadang rugi dan untung. Oleh karena itu harus setiap saat waspada terhadap situasi pasar.

Sekilas profil darh SUSI PUDJIASTUTI tadi semoga menjadi motivasi yang berharga bagi,bahwa orang putus sekolah pun jika mempunyai tekad yang kuat dia akan menemui keberhasilan.
Semamangat sob….

comments